'Kripik Bonggol" Camilan Primadona Goa Pindul

18 Januari 2017 11:24:39 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - "Bonggol" istilah Jawa dari nama asli batang pohon pisang merupakan komoditas yang banyak manfaatnya. Selain untuk bahan sayur, bonggol juga biasa digunakan untuk landasan wayang dalam pagelaran wayang kulit, bungkus tembakau, untuk pakan ternak dan masih banyak lagi.

Satu terobosan baru hasil kreatifitas Kelompok Usaha Ekonomi Produktif "MEKAR SARI" yang terletak di Padukuhan Kulwo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul adalah "Kripik Bonggol" yang kini menjadi salah satu jajanan primadona di kawasan wisata Goa Pindul.

"Ya awalnya dari berkhayal, kalau kripik pisang sudah biasa kami produksi, suatu ketika kami berkelakar sambil bekerja bagaimana ya kalau kita buat kripik bonggol? tadinya dari sebagian anggota kami ada yang menertawakan, tapi dengan pengalaman membuat sayur bonggol yang biasa dilakukan masyarakat disekitar sini, kami mencoba untuk membuat "ide gila" itu," tutur Winarsih, Ketua Kelompok "MEKAR SARI" saat diwawancarai mengenai ide inovasinya oleh kontibutor SID Desa Bejiharjo.

Ia menjelaskan juga bahwa dari percobaan membuat Kripik Bonggo ini, beberapa kali kurang berhasil dikarenakan sifat bahannya yang berair. Tapi Ia dan kelompoknya tidak putus asa, akhirnya dengan pengalaman itu jadilah hasil olahan seperti saat ini.

"Enak kan pak?" tuturnya kepada kontibutor SID Desa Bejiharjo.

Dari penuturan sebagian anggota kelompok ini, selain dipasarkan di sekitar area wisata, penggemar kripik bonggol juga banyak dari warga rantau, khususnya di Jakarta, mereka kangen dengan masa kecilnya dulu yang sering sekali makan dengan sayur bonggol.

Kelompok Mekar Sari ini sebenarnya sudah terbentuk puluhan tahun, namun sempat vakum karena keterbatasnya modal dan pengetahuan. Baru pada 23 Oktober 2016 setelah mendapatkan bantuan dari Dinsosnakertrans Kabupaten Gunungkidul serta diberikan pelatihan mengolah dan mengembangkan produksi makanan olahan oleh Dinsosnakertrans dan Pemerintah Desa Bejiharjo kelompok ini kembali aktif.

Kelompok yang beranggotakan 20 orang ibu-ibu ini telah memproduksi berbagai makanan ringan unggulan yang saat ini sangat diterima di masyarakat bahkan juga dijual diobyek wisata Goa Pindul untuk oleh-oleh khas dari Goa Pindul.

Selain Kripik Bonggol produk-produk lain dari kelompok Mekar Sari ada stick, rempeyek kedelai, rempeyek kacang ijo, rempeyek kacang tanah, kue semprong dan masih bannyak lagi jenis makanan ringan yang dihasilkan. Keripik Bonggol Pisang ini menjadi primadona dikarenakan rasanya yang gurih, renyah dan rasanya yang khas serta tidak ada efek gatal di mulut karena sudah diolah dengan baik dan benar.

Kelompok ini juga memberikan manfaat untuk seluruh anggota kelompok maupun warga sekitar rumah produksi dikarenakan semua bahan yang digunakan dibeli dari anggota dan masyarakat di Padukuhan Kulwo, sehingga semua dapat merasakan hasil dari didirikannya kelompok ini. Bila warga ingin membeli hasil produk-produk dari kelompok Mekar Sari bisa langsung ke tempat produksi di rumah Bapak Sudarahino (Dukuh  Kulwo) yang beralamat di RT 05 RW 09 Kulwo, Bejiharjo, Karangmojo atau di nomor telepon : 083866839362.

Kontributor: Agung Subekti

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo