"Ingin Hidup Tentram?" Ini Kuncinya

20 Januari 2017 10:53:12 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Di tengah hiruk pikuk dan gemerlapnya dunia yang penuh warna perkembangan teknologi yang semakin kebarat-baratan saat ini, masih ada sekelompok umat yang eksis dengan aktivitas ketimuran. Umat islam diujung barat laut Desa Bejiharjo ini masih melestarikan ajaran para waliulloh dan kyai. Sejak puluhan tahun yang lalu umat islam di Padukuhan Bulu dan Karanglor mengadakan rutinan Mujahadah dan Pengajian. 

Kegiatan yang dirintis para pendahulu mereka itu dikemas sederhana namun sarat makna, bagaimana tidak ternyata dengan kegiatan itu mengandung makna silaturahmi, berkorban (shodaqoh), mendekatkan diri kepada Allah, menuntut ilmu, pembinaan umat, dan masih banyak lagi. 

Rutinan Mujahadah dan Pengajian ini dilaksanakan setiap 35 hari sekali atau dalam istilah jawa disebut selapan, sehingga mereka lebih familier dengan sebutan "Lapanan"Lapanan ini dilaksanakan setiap malam Jum'at Kliwon, secara bergilir di 7 tempat dari masjid dan mushola satu ke masjid dan mushola liannya.

Lapanan malam Jumat Kliwon yang baru saja dilaksanakan pada malam jumat 19 Januari 2017 ini bertempat di masjid Nurul Islam Padukuhan Bulu. Ratusan jama'ah hadir pada acara tersebut, mujahadah dilakukan dengan sangat khitmat meskipun dalam suasana yang dingin karena bersamaan dengan turun hujan.

Sedangkan dalam tausiahnya Ust. Rohmad Hamdan dari Gedangsari, Nglipar berpesan agar jama'ah senantiasa menjaga hidup agar senantiasa tentram, jauh dari godaan syetan dan dunia.

"Mari kita senantiasa selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan jangan meninggalkan nilai-nilai keislaman yang sudah lama terbangun di diri masing-masing jama'ah” tutur beliau.

Lebih jelas beliau menuturkan bahwa kunci agar hidup ini senantiasa tentram tidak lain hanyalah selalu ingat kepada Allah kapan dan dimanapun kita berada, adanya rasa susah tidak lain karena manusia jauh dari Allah SWT, ketika manusia jauh dari Allah maka syetan yang akan mendekat dan syetan senantiasa akan menjerumuskan manusia.

Kontibutor: Agung Subekti

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo