PKK Kulwo Kembang Usaha Ekonomi Produktif Bonggol Pisang

20 Januari 2017 11:10:04 WIB

bejiharjo.karangmojo.desa.id - Untuk mengembangkan kegiatan, PKK Dusun Kulwo Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo membuka usaha ekonomi produktif yaitu pengolahan makanan ringan. Kelompok ini beranggotakan ibu-ibu anggota PKK Dusun Kulwo yang diketuai oleh Ketua PKK Dusun Kulwo Winarsih.

Kelompok ini berdiri pada akhir Oktober 2016 dari tindak lanjut Pelatihan Program PNPM yang dilaksanakan Pemerintah Desa Bejiharjo dan dilanjutkan dengan pelatihan yang diberikan oleh Dinaskertrans Gunungkidul.

Berawal dari keinginan dan tujuan yang sama, kelompok ini mengumpulkan modal awal dari setiap anggota sebesar Rp.50.000. Dengan kegigihan dan keuletan modal itu terus berkembang hingga sekarang keuntungan kelompok mencapai 2 juta rupiah yang dikelola oleh bendahara kelompok. Kelompok ini membuat produk secara bersama setiap hari selasa dan rabu bertempat di kediaman ketua kelompok di dusun Kulwo RT 05 Rw 09.

Kelompok ini memproduksi memproduksi berbagai macam peyek dan keripik, salah satu produk unggulan dari kelompok ini adalah kripik bonggol pisang. Bahan baku dari kripik bonggol ini didapat dari lingkungan setempat,namun tidak semua bonggol pisang dapat diolah menjadi kripik melainkan hanya bonggol dari pisang gepok, pisang sebo, dan pisang raja.

Kelompok ini memilih kripik bonggol pisang sebagai produk unggulan karena selain bahan bakunya mudah didapat juga untuk memanfaatkan bonggol pisang yang sering diabaikan dan dianggap sampah. Dengan tidak melalaikan kewajiban sebagai ibu rumah tangga, anggota kelompok ini bisa membantu menambah penghasilan keluarga.

Kontributor : Tri winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo