Peran Tim Penggerak PKK Desa Bejiharjo

06 Februari 2017 11:55:43 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Minggu ke-4 di bulan Januari lalu merupakan pertemuan pertama di tahun 2017 bagi Pengurus Tim Penggerak PKK Desa Bejiharjo bersama pengurus PKK Dusun se-Desa Bejiharjo.  Pertemuan yaang dilaksanakan di Aula Balai Desa Bejiharjo ini dihadiri oleh 70 anggota PKK dari 75 anggota yang semestinya, jumlah tersebut cukup menunjukkan tingginya loyalitas anggota terhadap lembaga PKK.

“Marilah di awal tahun 2017 ini kita semakin menertibkan administrasi untuk melaksanakn 10 program pokok PKK “ tutur Umiyati, ketua TP PKK Desa Bejiharjo.

Lebih lanjut beliau menmberikan motivasi kepada seluruh anggota untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing, terlebih di tahun 2018 Desa Bejiharjo akan menghadapi lomba desa, peran PKK sangat mendukung dalam lomba desa tersebut.

"Anggota Tim Penggerak PKK adalah para relawan, yang tidak menerima gaji, yang menyisihkan sebagian dari waktu dan tenaganyanya untuk PKK" Jelasnya.

Sasaran PKK adalah keluarga, anggota TP PKK adalah ibu rumah tangga dan perempuan.  Sebagai sosok sentral dalam keluarga, Ia tidak hanya mengurus soal kehidupan rumah tangganya dan mengasuh anak saja, banyak diantara ibu rumah tangga yang membantu suami di sawah, bahkan berusaha menambah pendapatan keluarga dengan berwirausaha.

Dalam sambutannya Ngatini selaku Ketua Pokja 4 menjelaskan “Tim Penggerak PKK berperan sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pembinaan teknis kepada keluarga dan masyarakat dilaksanakan dalam kerjasama dengan unsur dan instansi pemerintah terkait”.

Hadir pula dalam pertemuan kala itu Pengurus TP PKK Kecamatan Karangmojo, Budi Wahyuni. Kehadirannya menambah semangat anggota PKK desa maupun PKK dusun dalam mengikuti jalanya pertemuan. Beliau juga berharap di Desa Bejiharjo ini TP PKK desa dapat membuat inovasi dalam program kerjanya, misalnya dengan memasukan pengelolaan kotoran sapi menjadi biogas, serta program inovatif lainnya. 

TP PKK Desa di bagi menjadi 4 Kelompok kerja dan 1 kesekretariatan, 4 kelompok kerja tersebut yaitu Pokja 1 Pengamalan Pancasila dan Gotong Royong, Pokja 2 Pendidikan Pengembangan Hidup dan Ketrampilan, Pokja 3 Sandang, Pangan dan Papan, Pokja 4 Kesehatan Lingkungan dan Perencanaan Sehat.

Setiap pokja akan membuat program kerja sendiri-sendiri dan dievaluasi setiap tahunnya secara bersama-sama. Bila ada program kerja yang belum bisa terlaksana di tahun perencanaan maka akan di lanjutkan di tahun berikutnya.

Kontributor : Tri winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo