Kurangi Kemiskinan dengan Produktifitas Ekonomi melalui Desa Prima

17 Februari 2017 10:11:09 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Pemberdayaan perempuan di Desa Bejiharjo melalui kelompok Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Desa PRIMA) adalah salah satu upaya untuk mengurangi kemiskinan melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan dengan memanfaatkan seluruh potensi baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, juga untuk  mengkoordinasikan berbagai program pemberdayaan perempuan dari instansi terkait dan organisasi masyarakat lainnya untuk bersama-sama meningkatkan ekonomi perempuan di Desa Bejiharjo ini.

Kelompok yang diketuai oleh ibu Suratmi ini terbentuk sejak tahun 2012 yang lalu, beranggotakan ibu-ibu yang memiliki usaha kecil menengah.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah, pertama sebagai upaya penanggulangan kemiskinan secara terpadu melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan, kedua untuk mengetahui SDM dan SDA yang ada di Desa  Bejiharjo ini agar program dan kegiatan sejalan dengan potensi alam yang ada di desa tersebut, dan ketiga, meningkatkan akses kelompok perempuan terhadap informasi, teknologi tepat guna dan berbagai sumber pembiayaan serta mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan.

Seiring dengan semakin majunya pariwisata di Desa Bejiharjo ini sangat berpengaruh pada berkembangnya kelompok Desa Prima Ini, terutama dalam hal pemasaran produk-produk kelompok Desa Prima ini.

Ibu Suratmi selaku ketua Kelompok berharap dengan adanya desa PRIMA ini  masalah yang dihadapi masyarakat terutama kaum perempuan saat ini dapat diatasi. Kesetaraan gender dan keadilan dapat diwujudkan serta dapat pula memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan di Desa Bejiharjo ini.

Menurutnya, sasaran utama program Desa Prima ini adalah ibu rumah tangga dari keluarga ekonomi menengah kebawah. Diharapkan melalui program ini, perempuan dapat menjadi tonggak pengentasan kemiskinan khususnya di keluarganya.

“Di dalam program ini, ibu-ibu rumah tangga di Desa Prima akan mendapatkan pelatihan keterampilan dan pinjaman modal usaha. Sehingga mereka tidak hanya berperan sebagai ibu bagi anak-anaknya, namun juga sebagai penyangga ekonomi keluarga bersama suami,” ungkapnya.

Kelompok Desa Prima Ini merupakan Kelompok binaan Dari BPPM, dimana BPPM memberikan suntikan dana sebagai modal awal untuk dikembangkan kelompok dan untuk kesejahteraan kelompok juga.  Dalam pelaksanaanya BPPM selalu memonitoring dan mengevaluasi kegiatan kelompok Desa Prima ini secara rutin.

Kontributor : Tri Winarsih

 

  

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo