Kapolda DIY Programkan Pembangunan Masjid Baru di Padukuhan Gelaran II

22 Februari 2017 20:27:05 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id -  Setelah sekian lama menanti, warga masyarakat Padukuhan Gelaran II RT 004 RW 016 akhirya dapat bernafas lega. Itulah yang dirasakan warga pada Rabu (22/2/2017) dalam acara pengajian dan peletakan batu pertama pembangunan masjid baru di RT 004 tersebut.

Tugiyanto, Dukuh Gelaran II menjelaskan bahwa acara tersebut menindaklanjuti program pembangunan masjid Kapolda DIY. Sebelumnya Kapolda DIY bersama Brigadir Ali (Propam DIY) berkunjung ke Obyek Wisata Goa Pindul dan berkeinginan membangun sebuah masjid di wilayah tersebut.

Masjid  yang ada di wilayah padukuhan Gelaran II ini berada di wilayah barat. Sedangkan warga di padukuhan sebelah timur jika ingin melaksanakan sholat jumat ke sana terlalu jauh. Mereka sering melaksanakan sholat jum’at di Masjid An Nasr Gunungbang. Terkadang jika wisatawan yang datang berkunjung banyak membuat shaf jamaah hingga keluar masjid dengan menggelar tikar.

Selain itu untuk kegiatan keagamaan anak-anak seperti TPA, Ia menyampaikan jika para orang tua merasa khawatir terhadap keselamatan anak mereka dengan jalur pariwasata yang ramai seperti saat ini. Hal tersebut yang membuat Tugiyanto merasa prihatin.

Dengan adanya kunjungan tersebut Tugiyanto langsung mengadakan musyawarah bersama tokoh masyarakat padukuhan. Atas inisiasi warga sekitar, Gumadi dan Sugiyarto mewakafkan tanahnya untuk pembuatan masjid tersebut.

Dipilihlah tanah tersebut sebagai tempat pembangunan masjid dengan luas bangunan masjid 8 x 8 meter dan serambi di kanan kiri dan depan masjid dengan ukuran masing-masing 2 x 8 meter.

“Untuk dana seratus persen dari Polda DIY dan sampai saat ini yang sudah masuk sekitar 72.000.000,” terang Tugiyanto.

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Kabid. Propam Polda DIY, AKBP Dheny Dharyadi, S.IK M.Si  dalam sambutannya berharap jika pembangunan masjid ini dapat segera diselesaikan sehingga dapat digunakan untuk Ramadhan tahun ini.

“Kami berharap jika kita nantinya bukan hanya membangun saja, namun juga ikut menjaga dengan memakmurkannya dan terus mengumandangkan ayat-ayat Allah,” imbuhnya.

Setelah menyampaikan sambutan Kapolda DIY, AKBP Dheny Dharyadi beserta rombongan dari Propam Polda DIY, Polres Gunungkidul, Polsek Karangmojo serta Senkom Mitra Polri turun menuju tempat pembangunan masjid.  Peletakkan batu pertama pembangunan masjid tersebut dilakukan langsung oleh AKBP Dheny Dharyadi.

Dalam pengajian tersebut, KH. Suyanto Kirun, S.Ag M.Si mengajak warga sekitar untuk saling membantu menbangun masjid, meski tidak bisa memberikan bantuan berupa materi Ia berharap warga bisa membantu seperti yang mempunyai kayu atau bambu dapat disumbangkan untuk beramal, bahkan meskipun hanya dengan tenaga saja untuk membantu pelaksanaan panitia pembangunan masjid.

Bahkan secara spontan ditengah-tengah ceramahnya ustadz Kirun menganjak para jamaah untuk menyatakan kesanggupannya membantu pembangunan masjid tersebut, wal hasil 125 sak semen, 2 rit truk pasir dan genteng 100% disanggupi oleh beberapa jamaah yang hadir.

Disela-sela acara tersebut AKBP Dheny Dharyadi berdialog dengan Sujadi, S.Pd.I (Ketua LP2A Desa Bejiharjo) bahwa rencananya kelak beliau akan mengirimkan beberapa santri anak yatim asuhannya yang telah hafids Al-Qur'an untuk membantu memakmurkan masjid tersebut. 

Sujadi menjelaskan, setahun sebelumnya bersama teman-temannya dia telah membelikan tanah juga milik Gumadi kepada Ustadz Hasan Thob'i untuk dibangun rumah tinggal sekaligus untuk majelis taklim, ke depan harapannnya akan berkembang menjadi pondok pesantren.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo