RAT Koperasi PKK PERSAJA Bejiharjo

27 Februari 2017 08:48:06 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Saat kita sedang membahas tentang koperasi, tentu tidak akan lepas dengan yang namanya Rapat Anggota Tahunan (RAT). RAT bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. Selain itu RAT juga merupakan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan. Sebagai bentuk pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, RAT menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya.

Sabtu (25/02/2017), Koperasi Persaja Bejiharjo melaksanakan RAT, Mengundang lebih dari 300 anggota dan Dukuh di Bejiharjo. Selain Kepala Desa sebagai Pembina Koperasi, RAT juga dihadiri TPPKK Kecamatan Karangmojo, dan Camat Karangmojo yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sekcam Rakhmadian Wijayanto, AP. M.Si. Dalam sambutanya Sekcam menegaskan bahwa koperasi juga harus ikut  andil dalam mempersiapkan Lomba Desa 2018 mendatang.

RAT biasanya dilaksanakan 1 tahun sekali, materi pembahasan meliputi  Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan, Rencana Kerja serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi. Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.

Dalam rangka meningkatkan kualitas koperasi diharapkan pengurus dan pengawas, dapat mengoptimalkan tugas, fungsi dan perannya masing-masing, misalnya pemeriksaan atas pengelolaan koperasi dapat berjalan secara teratur dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku termasuk AD/ART koperasi.

Selain itu anggota koperasi diharapkan jangan sampai mempunyai sikap dan kesadaran yang keliru dengan pinjaman yang telah diberikan koperasi, karena ketidaktertiban dalam penyelesaian pinjaman tersebut akan menjadi beban koperasi, yang pada akhirnya akan berimbas kepada seluruh anggota.

"Tujuan didirikannya koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya, dengan demikian harus terjalin kerjasama yang baik antar pengurus, pengawas dan para anggota," demikian ungkap ketua koperasi Persaja dalam Sambutannya.

Kontributor : Tri winarsih

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo