Sosialisasi KB Pria dalam Rangka Mensukseskan Program KB 2017

03 Maret 2017 10:53:15 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Peningkatan partisipasi pria dalam Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan reproduksi merupakan bagian dari pelaksanaan hak-hak reproduksi dan kesehatan reproduksi. Dalam hal ini  termasuk pemenuhan hak-hak pria untuk mendapatkan informasi dan akses terhadap pelayanan keluarga berencana yang aman, efektif, terjangkau, dapat diterima dan menjadi pilihannya. Serta metode pengaturan kelahiran lainnya yang tidak bertentangan dengan hukum, agama dan sosial.

Oleh karena itu, pemerintah juga membantu masyarakat dalam upaya peningkatan partisipasi pria melalui pelaksana program di lapangan, sehingga masyarakat mendapatkan informasi KB bagi pria/suami, dengan harapan setiap keluarga dapat menuju Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera, serta mewujudkan kesetaraan gender.

Dalam rangka meningkatkan keberhasilan Program KB 2017, Pemerintah Desa Bejiharjo bekerjasama dengan PLKB Kecamatan Karangmojo pada tanggal 27 Februaari 2017 mengadakan sosialisasi KB pria, bertempat di Aula Balai Desa Bejiharjo. Sosialisasi yang mengundang 150 orang peserta terdiri dari kader, tokoh masyarakat, serta dukuh se Bejiharjo.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang KB DP3AKBPMD, Camat Karangmojo dan aseptor KB Pria sekaligus sebagai motivator. Dalam sambutannya Kepala Desa Bejiharjo, Yanto menyatakan mendukung penuh dengan kegiatan sosialisasi ini dikarenakan masih minimnya informasi dan pemahaman para kaum lelaki bahwa selain perempuan laki-laki juga bisa berpartisipasi untuk ber KB.

Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan penyampaian testimoni dari aseptor KB Pria Bapak Tri Susanto.

Pemateri Bidan Rini memaparkan materi berkaitan dengan Kesehatan Reproduksi dan alat kontrasepsi yang bisa dipakai untuk para laki-laki seperti kondom ataupun dengan metode MOP (Medis Operasi Pria).

“Dengan ini diharapkan partisipasi dan keikutsertaan  suami dalam program keluarga berencana semakin meningkat,  karena ini merupakan tanggung jawab bersama pasangan suami-isteri, dan bukannya hanya beban dari si isteri saja,” ujar Kabid DP3AKB PMD, Drs  Wijang Eka Aswarna, M.Si.

Beliau juga menjelaskan, dalam menjalankan program KB tidaklah mudah mengajak para pria untuk divasektomi, lantaran masih banyak pemahaman yang salah dalam menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

Peran serta kaum pria dalam mesukseskan program nasional keluarga berencana tidak boleh berhenti hanya sampai tahap memberikan ijin kepada isterinya, dan mengantar isterinya pada waktu pelayanan KB saja. Kaum pria harus juga secara aktif memanfaatkan pelayanan kontrasepsi khusus bagi pria.

Dalam sambutannya Camat Karangmojo berharap dengan terus di laksanakannya sosialisasi dan pemahaman tentang KB Pria di Bejiharjo ini dapat menambah animo kesadaran bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam program keluarga berencana untuk menciptakan keluarga bahagia sejahtera.

Kontributor : Tri Winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo