Warga Karangmojo Gotong-Royong Bedah Rumah Wasito

09 Maret 2017 09:25:11 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Rumah memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu dan keluarga tidak saja mencakup aspek fisik, tetapi juga mental dan sosial. Untuk menunjang fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang baik maka harus dipenuhi syarat fisik yaitu aman sebagai tempat berlindung, secara mental memenuhi rasa kenyamanan dan secara sosial dapat menjaga privasi setiap anggota keluarga, menjadi media bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga.

Dengan terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar berupa rumah yang layak huni, diharapkan tercapai ketahanan keluarga. Pada kenyataannya, untuk mewujudkan rumah yang memenuhi persyaratan tersebut bukanlah hal yang mudah. Ketidakberdayaan mereka memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni berbanding lurus dengan pendapatan dan pengetahuan tentang fungsi rumah itu sendiri.

Permasalahan Rumah Tidak Layak Huni yang dihuni atau dimiliki oleh masyarakat yang kurang beruntung merupakan masalah yang memang harus diatasi Pemerintah. Oleh sebab itu, kepedulian untuk menangani masalah tersebut diharapkan terus ditingkatkan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat  baik pemerintah pusat maupun daerah, Pemerintah Desa, dunia usaha, masyarakat, LSM dan elemen lainnya.

Dalam menyikapi masalah tersebut Pemerintah Desa Bejiharjo telah memasukan program bantuan rehabilitasi RTLH atau biasa disebut bedah rumah dalam APBDes tahun 2016 untuk 20 Padukuhan masing-masing 1 RTLH, salah satu keluarga yang telah mendapatkan Stimulan Bedah rumah adalah Keluarga Wasito di Padukuhan Karangmojo

Karena keadaan ekonomi Wasito yang memang sangat memprihatinkan, akhirnya Ana waskita selaku Dukuh Karangmojo berinisiatif mengajak warga untuk bergotong royong  merehab rumah milik Wasito merealisasikan program  bedah rumah tersebut.

Semangat gotong royong memang masih sangat melekat di Pedukuhan karangmojo ini. Sehingga segala tujuan bisa dengan mudah dicapai. Seperti halnya dalam hal bedah rumah, dengan semangat gotong royong pengerjaan program bedah rumah bisa cepat terselesaikan.

“Dengan semangat gotong royong, baik dalam bentuk doa, uang, tenaga, makanan dan lainnya, diharapkan akan bermanfaat bagi keluarga ini khususnya dan akan mempererat rasa kekeluargaan seluruh warga karangmojo pada umumnya ” harap Dukuh Karangmojo.

Kontributor : Tri winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo