Perpusdes Khasanah Info Bejiharjo Ikuti Program PerpuSeru Bersama 9 Desa Lainnya

09 Maret 2017 21:40:47 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelolaan perpustakaan desa, pengelola perpustakaan desa Khasanah Info Sokoliman II dan Perangkat Desa Bejiharjo mengikuti Pelatihan Komputer dan Internet Dasar untuk 10 Perpustakaan Desa Replika di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul atau yang saat ini bernama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Maret 2017 tersebut diikuti oleh 10 Perpustakaan Desa di Gunungkidul yaitu Perpustakaan Handayani, Desa Rejosari, Semin; Perpustakaan Indika Sambirejo, Ngawen; Perpustakaan Nusantara, Kelor, Karangmojo; Perpustakaan Nur’aini, Wonosari; Perpustakaan Spirit Minat baca Copi Paste, Semanu; Perpustakaan Khasanah Info, Bejiharjo, Karangmojo; Perpustakaan Sumber Ilmu, Sidoharjo, Tepus; Perpustakaan Griya Ilmu, Grogol, Paliyan; Perpustakaan Onto, Ngoro-oro, Patuk; dan Perpustakaan Gajah Pintar, Watugajah, Gedangsari.

Drs. Ali Ridlo, MM. dalam sambutannya menerangkan bahwa program ini merupakan program pengembangan budaya baca dengan mentransformasikan peran Perpustakaan Daerah melalui program kerjasama dengan Perpustakaan Desa. Pada 2014 lalu ada 4 perpustakaan desa yang menjalin kerjasama program PerpuSeru dan pada 2017 ini sudah menjadi 24 perpustakaan desa.

Beruntung dari 24 perpustakaan tersebut termasuk salah satu diantaranya Perpustakaan Desa Bejiharjo melalui Perpustakaan Khasanah Info di Padukuhan Sokoliman II, Desa Bejiharjo.

Pada hari pertama para pengelola perpustakaan belajar tentang pengenalan Microsoft Officce (Word dan Excel) dan pada hari kedua belajar tentang Internet Dasar (pengolahan email dan menjalankan sosial media).

Kegiatan kerjasama dengan Coca Coala Foundation Indonesia (CCFI) ini bukan sekedar memberikan pelatihan semata, namun juga memberikan bantuan berupa 30 unit komputer untuk 10 desa yang mengikuti pelatihan sebagai pendukung pengembangan perpustakaan di desa agar menjadi pusat pembelajaran dan kegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Bupati Gunungkidul dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, drg. Widodo menyampaikan harapnnya agar pengelola perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan untuk memberikan pelayanan berbasis teknologi pada masyarakat.

Pada hari terakhir saat penutupan Ali Ridlo menyampaikan pesan kepada seluruh peserta untuk melakukan kegiatan di perpustakaan masing-masing tidak hanya berhenti setelah pelatihan ini.

“Setelah pelatihan ini jangan berhenti sampai disini, terus lanjutkan agar bermanfaat bagi masyarakat disekitar,” pintanya.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo