LPMD se Jawa Tengah Studi Lapang ke Bejiharjo

09 Maret 2017 23:04:58 WIB

Bejiharjo_karangmojo.desa.id.  Kamis 9 Maret 2017 pagi tadi sebanyak 30 orang peserta pelatihan pengurus LPMD dari 4 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Magelang, Grobogan, Cilacap dan Banjarnegara melakukan kunjungan lapang di Desa Bejiharjo.  Ke 30 peserta tersebut terdiri dari pengurus LPMD, Perangkat Desa dan Pendamping dari SKPD masing-masing Kabupaten.

 

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementrian Dalam Negeri Yogyakarta direncanakan untuk 4 angkatan dan ini merupakan angkatan yang pertama, demikian penjelasan dari Drs. Rihartoyo, M.Si dari balai PMD saat penyampaian maksud dan kunjungan lapang ini. 

Kunjungan lapang ini menggali tiga hal :

  1. Peran Pemerintah , Kecamatan dan Pemerintah Desa Bejiharjo dalam Penguatan Lembaga Desa dan Pembangunan Desa.
  2. Peran LPMD dalam Penyusunan RPJMDesa dan RKPDesa
  3. Peran LPMD dalam Pelaksanaan Pembangunan

 

Peserta dibagi dalam tiga kelompok tersebut, sedangkan bertindak sebagai nara sumber meliputi, Bappeda Gunungkidul, DP3AKBPM&D Gunungkidul, Camat Karangmojo, Kepala Desa Bejiharjo, Perangkat Desa Bejiharjo dan Pengurus LPMD Bejiharjo.

 

Dipilihnya Bejiharjo sebagai obyek kunjungan lapang kali ini sebagai imbas dari hasil lomba LPMD tahun 2015 silam, yang kala itu LPMD Bejiharjo meraih nomer 2 terbaik se DIY.

 

Chasanudin, salah satu peserta dari SKPD pendamping LPMD Kabupaten Banjarnegara dalam penyampaian pesan dan kesan mengatakan :

  1. Kepala Desa Bejiharjo sangat familier, mungkin faktor tersebut yang membuat beliau mudah memberdayakan masyarakat desanya.
  2. Perencanaan desa tersusun runtut didukung dengan perencanaan Kecamatan dan Kabupaten merupakan faktor keberhasilan pembangunan di Bejiharjo.
  3. Upaya Pemerintah Desa dalam meningkatkan PAD patut dicontoh untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
  4. Memberi masukan kepada Balai PMD agar waktu kunjungan lapangan ditambah, karena waktu yang tersedia dirasa kurang untuk menggali potensi yang ada.

 

Dalam kata pelepasannya, Wiyati, S.Sos, Kasi PMD Kecamatan Karangmojo berpesan agar peserta turut mempromosikan Desa Wisata Bejiharjo.

 

Diakhir acara Drs. Rihartoyo, M.Si menyampaikan bahwa untuk angkatan selanjutnya dari Propinsi Jawa Barat juga akan dibawa ke Bejiharjo untuk acara yang sama minggu depan.

Kontributor : Tri Winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo