Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19

PLY1 06 Juli 2020 12:10:54 WIB

Pandemi Covid-19 sudah melanda ke berbagai daerah dan menyebabkan timbulnya pergerakan diberbagai bidang dan aspek kehidupan. Upaya sudah dilakukan pemerintah dalam memutus penyebaran virus, diantaranya memberlakukan work from home, stay at home, physical distancing dan lockdown. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan. Adanya Pandemi Covid-19 menjadikan Universitas Sebelas Maret mengarahkan mahasiswa mengalihkan kegiatan KKN di daerah tempat tinggal masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan KKN yang dilakukan oleh Anggun Rifay Fentria di Gunungsari RT02/RW07, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta ini dilaksanakan dalam kurun waktu 15 Mei – 30 Juni 2020 dengan bimbingan Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T.

Adapun program kerja yang dilaksanakan yaitu pemahaman mengenai Covid-19, pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pemanfaatan Pekarangan. Kegiatan dilakukan daring melalui Whats App Grup Warga Gunungsari dengan sosialisasi dan diikuti diskusi. Selain daring, kegiatan juga dilakukan secara luring dengan pemasangan banner mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, pemasangan poster dan pemberian sabun cuci tangan pada tempat ibadah serta edukasi penanaman diikuti pemberian benih Kangkung dan Sawi untuk ditanam dipekarangan rumah.

Hasil dari kegiatan KKN di tempat tinggal sendiri ini menjadikan masyarakat Gunungsari RT02/RW07, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta lebih memahami mengenai Covid-19. Utamanya masyarakat lebih peduli mengenai pentingnya menerapkan PHBS. Sebagai mahasiswa yang mengikuti KKN juga lebih mengetahui dan paham mengenai lingkungan bermasyarakat apalagi didaerah tempat tinggal sendiri.

Kontributor : Anggun Rifay Fentria

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo