RASKIN sangat bermanfaat untuk masyarakat

10 Maret 2017 09:17:33 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah (rumah tangga miskin dan rentan miskin) sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial pada rumah tangga sasaran. Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas,dan tepat administrasi.

Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein.  Selain itu raskin bertujuan untuk meningkatkan akses pangan keluarga melalui penjualan beras kepada keluarga penerima manfaat dengan jumlah yang telah ditentukan.

Hari ini Kamis 9 maret 2017 adalah kali pertamanya untuk distribusi raskin di tahun 2017 ini, namun jumlah penerima raskin yang saat ini di Bejiharjo mengalami penurunan, dari 1.672 penerima di tahun 2016 sekarang turun menjadi 1.611 penerima, itu merupakan prestasi Pemerintah Desa dalam program pengentasan kemiskinan.

Rumah tangga yang berhak menerima beras Raskin, atau juga disebut Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat  Program Raskin, adalah rumah tangga yang terdapat dalam data yang diterbitkan dari Basis Data Terpadu dan dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan disahkan oleh Pemerintah pusat.

Harga tebus raskin yang sangat jauh lebih murah dibanding dengan harga beras di pasaran membuat rumahtangga penerima sangat antusias, apalagi saat mendengar kabar di tahun 2017 ini harga raskin turun lagi,

Sekalipun sebagian besar warga Bejiharjo bermata pencaharian petani, namun hasil panen tidak bisa mencukupi kebutuhan pokok dalam setahun, sehinggga dengan adanya program Raskin ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan beras dalam setahun. 

Dampak dari Program RASKIN terhadap stabilisasi harga beras di pasaran sangat besar, yaitu dapat menekan harga beras sehingga tidak  meningkat tajam. Kendala dalam pelaksanaan Program RASKIN selama ini terutama dalam pencapaian ketepatan indikator, karena Data RTS yang ada menjadi suatu kendala tersendiri di lapangan. Masih ada RTM di luar RTS yang belum dapat menerima RASKIN karena tidak tercatat sebagai RTS di BPS.

“Kebijakan lokal dan keikhlasan sesama RTM dalam berbagi, tidak jarang dipersalahkan sebagai ketidaktepatan sasaran,” ungkap Kasi Pelayanan, Subardiyo.

Kontributor : Tri Winarsih

Komentar atas RASKIN sangat bermanfaat untuk masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo