Penebaran Benih Ikan Nilem dan Tawes di Sungai Oyo

25 April 2022 10:30:34 WIB

Bejiharjo_Karangmojo, Kamis 21 April 2022 telah dilaksanakan kegiatan Penebaran Benih Ikan (Restocking) di Kawasan Perairan Sungai Oyo Padukuhan Bulu Kalurahan Bejiharjo Kapanewon Karangmojo.

Kegiatan Penebaran bibit ikan ( Restocking ) tersebut merupakan program dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul. Jenis benih ikan yang disebar berupa ikan tawes dan ikan nilem, sejumlah 8.500 ( delapan ribu lima ratus ) ekor.

Pengelolaan perairan sungai sebagai salah satu upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan sumberdaya secara berkesinambungan perlu dilakukan secara bijaksana. Kegiatan pemanfaatan sumberdaya ikan diperairan sungai melalui kegiatan penangkapan dan budidaya cenderung tidak terkendali, dimana jumlah tangkapan tidak lagi seimbang dengan pemulihan, agar terjadi keseimbangan diperlukan pengelolaan sumberdaya yang lebih hati-hati. Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan sungai, serta terjaminnya kelangsungan usaha pemanfaatan sumberdaya ikan dengan tetap mempertahankan kelestarian sumberdaya ikan di perairan sungai, maka perlu dilakukan Restocking.

Tujuan kegiatan penebaran ikan (restocking) di perairan sungai adalah :

  1. Untuk meningkatkan stok populasi ikan di perairan sungai
  2. Untuk melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan di perairan sungai.
  3. Untuk meningkatkan produksi ikan di perairan sungai guna pemenuhan gizi bagi masyarakat.
  4. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan sungai melalui peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.

 Kegiatan tersebut dilakukan oleh beberapa perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan yang dipimpin oleh Bapak Karim Akhmadi beserta rombongan, Dukuh Bulu Agung Subekti, Dan beberapa perwakilan pamong kalurahan Bejiharjo serta kelompok pengelola ikan di Padukuhan Bulu. Dari dinas kelautan dan perikanan menyampaikan bahwa warga masyarakat dilarang menangkap ikan dengan menggunakan racun, menyetrum ikan dan menggunakan bom agar ekosistem yang ada di sungai bisa lestari.

Kami dari pemerintah kalurahan bejiharjo menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dinas kelautan dan perikanan yang sudah memberikan program penebaran benih ikan di kawasan perairan sungai oya padukuhan Bulu Kalurahan Bejiharjo, semoga kegiatan tersebut barokah dan berguna bagi warga masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo