Tradisi Adat Bersik Kali Grogol Berlangsung Khidmat

Ribut priyanto 02 Juni 2022 14:33:22 WIB

Sebagai salah satu Kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunungkidul kaya akan warisan adat tradisi dan budaya.
 
Salah satunya adalah pelestarian adat tradisi bersik kali yang masih dilestarikan oleh warga masyarakat di padukuhan Grogol Kalurahan Bejiharjo Kapanewon Karangmojo sampai saat ini.
 
Tradisi adat kenduri bersik kali ini dilaksanakan setiap tahun sekali yaitu pada hari Kamis Wage.
 
Tahun ini, pelaksanaan bersik kali jatuh pada tanggal 2 Juni 2022.
 
Padukuhan Grogol sendiri terdiri dari 6 padukuhan yaitu Padukuhan Grogol 1 sampai Grogol 6.
 
Dari 6 padukuhan ini terdapat tiga sumber air atau kali yang sampai saat ini masih dimanfaatkan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari kebutuhan air minum, mandi, mencuci, pertanian dan lain-lain.
 
Ketiga sumber air atau kali itu yakni Kali Grogol yang terletak di Grogol 3, Kali Sumberan yang terletak di Grogol 5 dan Kali Emplek yang terletak di Grogol 2.
 
Warga masyaralat meyakini dengan melestarikan adat tradisi bersih kali ini dapat menjaga kebersihan air dan juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pemberian sumber mata air bagi warga Grogol dan sekitarnya.
 
Dalam upaya mengungkapkan rasa syukur tersebut warga masyarakat Grogol memberikan shodaqoh nasi uduk dan ingkung untuk dibagikan kepada warga masyarakat yang hadir.
 
Dari informasi yang diperoleh jurnalis SID Bejiharjo jumlah nasi uduk ingkung yang dishodaqohkan berjumlah 50 paket.
 
Ketua adat Grogol, Giyono Saputro mengungkapkan terimakasih kepada warga masyarakat dan semua pihak yang telah berpartisipasi membantu dalam kelancaran acara ini.
 
Purwo Winanto dan H. Agung Susi Nantoro selaku pengurus DMB (Desa Mandiri Budaya) Bejiharjo juga mengapresiasi positip atas antusias warga dalam menjaga dan melestarikan adat tradisi warisan leluhur yang memang harus di jaga dan dilestarikan.
 
Acara bersih kali dihadiri sekitar 350 warga Grogol dan sekitarnya, terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, Pengurus DMB dan warga masyarakat sekitar.
 
Bersik kali ini diawali dari jam 07.30 WIB dengan menguras dan membersihkan air yang ada di bak penampungan  juga membersihkan lingkungan di sekitar kali.
 
Acara ini diakhiri dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh Kaum Grogol, H. Ali Habib Wasiyanto dan ditutup dengan makan bersama.
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo