Hama Tikus Menyerang, Kelompok Tani Gunungsari Adakan Pelatiahan

Ribut priyanto 21 Juni 2022 21:30:58 WIB

Bejiharjo - Meningkatnya serangan hama tikus pada tanaman pertanian membuat warga masyarakat terutama para petani di wilayah Kalurahan Bejiharjo merugi.

Dari pengamatan para tani serangan hama tikus pada musim tanam tahun ini hampir merusak hingga 45% tanaman pertanian. Hama tikus cenderung menyerang tanaman pada malam hari, sifat tikus yang cerdik menyebabkan warga kesulitan dalam mengendalikannya.

Berbagai upaya telah dilakukan warga baik dengan memasang perangkap, racun dan lain-lain akan tetapi tetap saja belum mampu mengatasi masalah ini.

Menindak lanjuti permasalahan ini para tani yang tergabung dalam Kelompok Tani di Bejiharjo yaitu Rukun Tani di wilayah Padukuhan Gunungsari bekerjasama dengan BPP Kapanewon Karangmojo mengadakan Pelatihan pengendalian dan Pembasmian Hama Tikus pada Senin 20 Juni 2022 bertempat di sekretariat Kelompok Tani Rukun Tani Gunungsari.

Ketua Kelompok Tani, Rusbowo, mengungkapkan selama musim tanam tahun ini dirinya sering mendapat keluhan dan laporan dari anggota kelompok tentang sulitnya mengatasi hama tikus di lahan pertaniannya. Hama tikus menyerang pada tanaman padi dan palawija mulai dari tanaman tumbuh hingga mendekati masa panen, sehingga menyebabkan para petani merugi.

Drh. Devi Nugraha selaku penyuluh pertanian BPP Karangmojo membenarkan memang untuk tahun ini serangan hama tikus sangat luar biasa dibanding tahun-tahun sebelumnya dan hampir merata di 9 kalurahan wilayah Kapanewon Karangmojo.

Pengendalian dan pembasmian hama tikus harus dilakukan secara serempak dan bersama–sama dalam satu wilayah pertanian atau satu blok sehingga tikus tidak dapat berpindah-pindah dan bisa teratasi dalam wilayah blok lahan pertanian itu.

Dengan pelatihan ini para petani berharap segera dapat mengatasi serangan hama tikus dengan benar dan efektif sehingga akan dapat meningkatkan kembali hasil pertanian yang merupakan mata pencaharian pokok warga dan sebagai penopang kehidupan ekonomi.

Pada akhir pelatiahan langsung diadakan praktek pembasmian dan pengendalian hama tikus di lahan milik salah seorang warga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo