Kader PKK Nusa Indah Grogol 6 Adakan Kegiatan Peduli Lansia

25 Maret 2017 18:26:51 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama, Kader PKK Nusa Indah Grogol 6 Desa Bejiharjo mengadakan kegiatan peduli lansia (Lanjut Usia) di Balai Padukuhan Grogol 6 pada Sabtu (25/03/2017) pagi. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dengan sasaran lansia di Padukkuhan Grogol 6.

Kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan pengecekan kesehatan secara rutin setiap bulan pada tanggal 25. Kegiatan pengecekan kesehatan ini meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan dan tekanan darah untuk memantau kesehatan para lansia. Selain itu juga ada beberapa pertanyaan untuk  mengetahui tingkat kemandirian lansia dan gangguan mental pada lansia.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan kader PKK Nusa Indah melakukan pendataan kepada setia warga dengan usia  49 ke atas dan diperoleh 72 peserta lansia yang terdiri dari warga RT 001 sampai RT 008. Pada kegiatan pertama ini sudah hadir 70 orang, hanya 2 orang yang tidak dapat hadir.

Hadir dalam acara tersebut Rini Widiastuti dan Evi Kurnia Dewi dari Instansi Kesehatan Puskesmas Karangmojo II yang memberikan penjelasan mengenai pentingnya menjaga kesehatan di massa lanjut usia serta memberikan pengarahan tentang tata cara pengecekan kesehatan dari mengukur tinggi badan sampai mengukur tekanan darah.

Sulastri, salah satu kader PKK Nusa Indah mengungkapkan jika untuk memperoleh alat ukur tersebut PKK melakukan swadaya. Dari swadaya tersebut saat ini mereka sudah mempunyai alat ukur tinggi badan, timbangan digital, dan tensi meter.

Kegiatan yang diberi nama Posyandu Lansia Jaya Mandiri ini nantinya untuk mewujudkan lansia mandiri, meningkatkan kesehatan lansia serta mencegah penyakit berbahaya lainnya dengan memantau perkembangan kesehatan lansia setiap bulannya.

Setelah para kader mempersiapkan tempat, para lansia kemudain melakukan pengecekan dengan dipanggil satu persatu oleh petugas. Dari pengecekan tinggi badan dan berat badan diperoleh Indeks Massa Tubuh (IMT) setiap lansia.

IMT merupakan indikator sederhana dari korelasi antara tinggi dan berat badan. IMT digunakan untuk mengukur ideal atau tidaknya berat badan, dan merupakan cara pengukuran yang baik untuk menilai risiko penyakit yang dapat terjadi akibat berat badan berlebih.

Nilai normal IMT adalah 18,5 – 25, nilai ini didapat dari Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan). Sebagai contoh :

Berat badan saya = 67 kg  
Tinggi badan saya = 167 cm = 1,67 m
IMT saya = 67 / (1,67 x 1,67)
  = 24,023 = 24,0 (dibulatkan 1 angka di belakang koma)

 

Anda bisa mencoba menghitung IMT anda dengan rumus di atas tersebut.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo