2 Dukuh Ikuti Program Kesetaraan Paket C

16 April 2017 20:27:34 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Pada hari kedua, Minggu (16/04/2017) silam sebanyak 29 warga belajar mengikuti Ujian Nasional Program Kesetaraan SMA atau Paket C yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya di Balai Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo.

Siti Suryani, S.Pd. Ketua PKBM Cahaya menjelaskan jika kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 15, 16, 22 dan 23 April 2017. Selama 4 hari, warga belajar akan mengerjakan 7 mata pelajaran yang diujikan. Pada hari pertama (15/04) Bahasa Indonesia dan Geografi, hari ke dua (16/04) Matematika dan Sosiologi, hari ke tiga (22/04) Ekonomi dan B. Inggris, hari ke empat (23/04) Pendidikan Kewarganegaraan.

Soal ujian tersebut dibuat oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Isitimewa Yogyakarta dan masing-masing peserta ujian mengerjakan soal yang berbeda-beda.

“Ada 29 paket ujian, setiap peserta mengerjakan paket soal masing-masing,” imbuhnya.

Dari 29 peserta ujian 2 diantaranya merupakan Dukuh di Desa Bejiharjo. Tugiyanto dukuh Grogol 2 dan Tugiyanto dukuh Gelaran 2. Keduanya merupakan warga belajar di PKBM Cahaya Program Kesetaraan SMA atau Paket C.

Jika mengingat aturan yang baru dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, ujian ini akan menjadi penting karena dukuh merupakan unsur Perangkat Desa sebagai pelaksana wilayah yang telah diatur di dalamnya. 

Dalam Pasal 50 ayat (1) huruf a menyebutkan bahwa perangkat desa (dukuh/pelaksana wilayah) diangkat dari warga desa yang memenuhi persyaratan berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo