SMK Muhammdiyah Semin Gelar Kemah HW di Sokoliman 2 untuk Membentuk Karakter Murid

23 April 2017 21:28:56 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id Berbeda dengan ramainya suasana wisata Goa Pindul pada hari ini Minggu (23/04/2017), sejumlah 300 murid dan pembina pramuka SMK Muhammadiyah Semin mengadakan kemah di Lapangan Sokoliman 2 Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Bapak Sumanto, salah seorang pembina menuturkan jika kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan yang telah dilaksanakan sejak tanggal 22 April 2017 tersebut merupakan agenda tahunan untuk kelas 10. Dijadwalkan pada tanggal 24  siang acara sudah selesai. Dipilihnya lokasi Lapangan Sokoliman 2 ini selain dekat juga untuk mengembangkan budaya dalam melestarikan budaya.

“Selain dekat, kami juga ingin mengembangkan budaya di sini,” ungkapnya.

Pada hari pertama sesampainya di lokasi peserta laangsung mendirikan tenda sesuai pembagian masing-masing kapling, panitia juga membagikan jadwal kegiatan dan tata tertib kegiatan serta pengenalan lingkungan. Setelah Upacara pembukaan dilaksanakan berbagai perlombaan seperti Leadership Training Camp (LTC), Hasta Karya dan Lomba Memasak serta pada malam harinya diadakan jurit malam.

Meski di malam pertama turun hujan tidak menyurutkan semangat para peserta mengikuti kegiatan tersebut. Para peserta mendapat beberapa fasilitas untuk berteduhh saat hujan turun.

"Untuk malam tadi kita gunakan pendopo (Balai Dusun Sokoliman 2) dan Pasar untuk berteduh. Untuk air kita mendapat fasilitas dari Pak Tiya (salah seorang warga dekat lokasi kegiatan)," terangnya.

Pada hari kedua dilaksanakan giat pagi berupa senam pagi dan setelah sarapan dilaksanakan kegiatan Wide Game dan Base Group. Sore harinya diadakan kegiatan pembentukan karakter melalui kegiatan dan malam ini diadakan Upacara Api Unggun dan dilanjutkan Pentas Seni. Pentas seni ini berupa pertunjukan wayang kulit dengan lakon Banjaran Ngastino dengan dalang Sumanto sendiri.

Esok pagi di hari terakhir juga akan dilaksanakan kegiatan bakti sosisal sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan sesama. Baksos ini akan dibagi dalam dua hal, baksos berupa sembako yang akan diserahkan kepada pengurus dusun untuk diberikan kepada yang layak menerima serta baksos berupa penghijuan lingkungan dengan penanaman pohon dilingkungan sekitar perkemahan.

“Setelah kegiatan ini selesai kami berharap peserta dapat mengembangkan ortum Muhammadiyah dalam gerakan HW dan membentuk karakter bangsa yang peduli terhadap budayanya,” harap Sumanto.

Kontributor : Sugeng Riyanto

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo