“SIWAB” di Padukuhan Grogol 3

26 April 2017 13:23:04 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ternak adalah dengan mengontrol dan mengatur tata laksana kesehatan ternak, antara lain dengan pemeriksaan kesehatan ternak melalui pengamatan tingkah laku ternak, pemeriksaan fisik tubuh ternak dan pemeriksaan kesuburan ternak. 

Kesuburan sapi betina sebenarnya dipengaruhi banyak faktor, salah satu yang bisa dilakukan oleh peternak sendiri dalam meningkatkan produktifitas sapi adalah dengan cara peningkatan kualitas pakan dan kesehatan sapi serta pengelolaan reproduksi sapi yang baik.

Rabu (26/04/2017) Dinas Pertanian melalui UPT Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Karangmojo mengadakan pemeriksaan Sapi Induk Wajib Bunting ( SIWAB ) pada kelompok Kelompok Wanita Tani Sari Manunggal di Padukuhan Grogol 3 Desa Bejiharjo. Kelompok yang diketuai oleh ibu Murtiati ini beranggotakan 133 orang.

Pemeriksaan Siwab merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan produktifitas peternak sapi.

Pemeriksaan Siwab meliputi pemeriksaan kesehatan induk sapi, deteksi cacingan pada sapi, pemeriksaan kehamilan, pelaksanaan Inseminasi Buatan dan pemberian vitamin pada induk yang bunting, pemeriksaan organ reproduksi bagi induk yang sudah Insenminasi Buatan (IB) tapi masih gagal.

Tim pemeriksaan Siwab dipimpin oleh Sri Suhardiani, Ketua UPT Puskeswan Karangmojo, bersama 3 Dokter Hewan, Paramedis Hewan, dan pendamping dari UGM.

“Pemeriksaan Siwab ini tidak akan terhenti sampai disini, masih banyak peluang untuk kelompok-kelompok lain, silahkan datang ke UPT Puskeswan Karangmojo dan mendaftar secara langsung,” ungkap Sri Suhardiani.

Pemeriksaan Siwab bisa dilaksanakan dimana saja asalkan jumlah sapi induk minimal 20 ekor dan menyentral pada 1 titik karena untuk efektifitas waktu petugas pemeriksaan tidak melayani pemeriksaan keliling dari rumah ke rumah.

Kontributor : Tri winarsih

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo