Bersik Kali Beji Kulwo

02 Mei 2017 09:39:29 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id.  Setelah ritual bersik kali Ky. Sejati dan beberapa kali lainnya sebelumnya, Senin (01/05/2017) giliran kali Beji di Padukuhan Kulwo, Desa Bejiharjo, Kecamatam Karangmojo, dibersihkan oleh ratusan warga Kulwo.

Dukuh Kulwo, Sudar Rahino mengatakan, bersih kali ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas karunianya berupa sumber air yang selama ini dijadikan sumber penghidupan bagi warganya.

"Acaranya hanya sehari, pagi sebelum jam 8 masyarakat sudah kumpul di kali ini untuk melakukan ritual kenduri. Barang yang harus ada dalam acara kenduri ialah beberapa jenis hasil bumi masyarakat setempat," kata dia.

Meski demikian rangkaian acara bersih kali memang sudah berlangsung beberapa hari yang lalu, mulai dari kerjabakti sekitar kali dan pengurasan bak sekitar kali, Jumat Legi kemarin.

Menariknya, dalam acara ini juru kunci kali menyediakan beberapa kendi yang berisi fermentasi air ketan hitam. Kendi utama, berisi perasan air ketan hitam diletakkan di bak tampungan air. Sedangkan kendi yang lain dipecah di sekitar kali.

"Saat prosesi ini, banyak masyarakat yang berebut untuk mengambil air ini menggunakan daun atau kedua tangan, kemudian diminum," terang Sudar Rahino.

Menurut dia, hal ini dilakukan karena masyarakat berharap terlindungi serta terhindar dari marabahaya. Ia juga menceritakan bahwa dulunya setelah kenduri bersih kali, pada malam harinya selalu diadakan pentas wayang kulit. Akan tetapi lantaran tidak adanya biaya, lambat laun tradisi "wayangan" itu terpaksa ditiadakan.

Kontributor : Agung Subekti

Komentar atas Bersik Kali Beji Kulwo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo