PHBI Grogol Gelar Pengajian Akbar Dalam Rangka Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

02 Mei 2017 10:00:09 WIB

bejiharjo.Karangmojo.desa.id - PHBI Grogol 3 pada hari Senin 01 Mei 2017 menjadi pelaksana Kegiatan PHBI GROGOL Pengajian Akbar dalam rangka menyambut Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW. Pengajian ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Grogol 3, sebagai penceramahnya adalah Bp Drs. Arif Gunadi, M.Pd.I dari Getas, Playen, Gunungkidul. Hadir dalam pengajian ini antara lain Bp Yanto Kepala Desa Bejiharjo, Bp. Sujadi, S.Pd.I, ketua LP2A Bejiharjo, Tokoh Agama Islam se-Desa Bejiharjo, dan warga masyarakat muslim Padukuhan Grogol 1-6 dan sekitarnya.

Pengajian ini dimulai pada jam 20.30 WIB dengan pembukaan dan dilanjutkan pembacaan Kalam Illahi yang dibacakan oleh 3 orang santri kecil dari Grogol  yang bersekolah di Ponpes Darul Quran Wal Irsyad, Wonosari. Mereka adalah siswa kelas 2 MI dan merupakan santri hafidz, yang saat ini sudah hafal 3 Jus. Dilanjutkan sambutan ketua penyelenggara oleh Bp. Suyatno, diteruskan sambutan Ketua LP2A dan dilanjutkan acara inti yaitu Pengajian Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW.

Dalam ceramahnya Ustad Arif Gunadi, M.Pd.I, memahamkan akan arti Isra dan Mi'raj itu dan kenapa Nabi Muhammad di Isra Mi'raj kan oleh ALLAH SWT, inti dari Isra Mi'raj adalah Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad untuk melaksanakan sholat serta menyampaikan dan mengajarkan kepada umatnya.

Sebenarnya perintah sholat bukan hanya kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya termasuk kita, akan tetapi Nabi-nabi dan umat sebelum Nabi Muhammad SAW telah diperintahkan sholat, akan tetapi memang jumlah rakaatnya yang berbeda. Sholat adalah ibadah yang akan pertama kali di hisab di hari akhir/hari kiamat kelak, kalau sholatnya baik maka Insyaallah semua amal ibadahnya juga baik, akan tetapi sebaliknya kalau sholatnya buruk maka otomatis amal-amal yang lain akan ikut buruk. Hal ini berdasar pada Hadis Nabi yang artinya "sholat dapat mencegah dari perbuatan yang keji dan mungkar".

Seorang muslim yang melaksanakan ibadah sholat berarti ia mendirikan agamanya, sebaliknya seorang muslim yang tidak sholat maka ia merobohkan agamanya. Sholat ini yang paling pokok adalah sholat wajib 5 waktu tetapi akan lebih sempurna kalau ditambah dengan sholat-sholat sunat, terutama Sholat Tahajud dan Dhuha, jadi 7 waktu dalam sehari semalam. Dalam mengerjakan sholat seorang muslim harus berusaha melaksanakan secara khusuk, khuduk dan berusaha khudur/menghadirkan Allah SWT dihati kita.

Pengajian ini dihadiri kurang lebih 650 orang warga muslim Grogol dan sekitarnya. Antusias warga muslim memang sangat baik sekali dengan acara-acara seperti ini yang sering diadakan oleh PHBI Grogol. Untuk memeriahkan pengajian ini juga ditampilkan Kesenian Hadroh "JARIRO" (Jamaah Rindu Rosul) dari Padukuhan Grogol 5 yang dipimpin oleh Ustad Habib Ali Wasiyanto yang juga merupakan Kaum/Mudin di Padukuhan Grogol.

Acara ini berakhir pada jam 23.00 WIB ditutup dengan do'a bersama dipimpin oleh Drs. Arif Gunadi, M.Pd.I. Jalannya Pengajian dari awal sampai akhir berjalan dengan khidmad, lancar dan aman.

Kontributor : Ribut Priyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo