"Shalawat Nabi Muji Raras" Eksis di Tengah Modernisasi Zaman

02 Mei 2017 11:55:27 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Agama Islam masuk ke Indonesia dengan wajah bersahabat dan ramah sehingga ajarannya dapat diterima oleh masyarakat lokal Indonesia. Kesuksesan penyebaran ajaran agama Islam tak terlepas dari peran para ulama yang menggunakan kesenian sebagai media dakwah.

Di dalam kesenian tersebut banyak terdapat alat-alat musik bernuansa Islam, salah satunya, yaitu rebana. Rebana atau terbang dalam bahasa jawa ini merupakan alat musik yang sudah tidak asing lagi di Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang beragama Islam.

Alat ini biasa digunakan untuk menyeru dan memuji nama Allah SWT dalam bentuk doa-doa dan pujian yang dilantunkan. Tidak hanya itu, rebana juga juga digunakan untuk menyerukan dan mengagungkan nama Rasulullah SAW.

Secara istilah, rebana adalah sejenis alat kesenian tradisional yang terbuat dari kayu, dibuat dalam bentuk lingkaran dan di tengah-tengahnya dilubangi. Kemudian di tempat yang dilubangi itu ditempeli kulit binatang, biasanya kulit kambing atau kulit sapi yang telah dibersihkan bulu-bulunya.

Pukulan tangan pada alat musik rebana akan dapat menimbulkan bunyi yang enak didengar. Alat musik ini digunakan dengan cara memukul tubuh kulitnya

Dasar-dasar ajaran inilah yang oleh para pendakwah terdahulu mampu dikomunikasikan secara baik kepada masyarakat, sehingga membudaya. Walaupun ajaran syari'at yang lain belum mampu dilaksanakan dengan sempurna, namun bershalawat menjadi sesuatu yang spesial di hati mereka.

Dengan dasar itulah kelompok shalawat nabi “Muji Raras” Gunungbang masih tetap eksis melestarikan budaya rebana sekaligus menjadi sarana menyebarkan ajaran agama islam dan berdakwah.

Semoga kita dapat meneladani dan lanjutkan dakwah yang masih panjang ini. Aamiin.

Kontributor : Rismanta

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo