Rasul dan Bersik Kali Semilih Padukuhan Karangmojo Dilaksanakan Bersamaan

04 Mei 2017 14:08:25 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Acara adat tradisi masih begitu kental di Padukuhan Karangmojo Desa Bejiharjo. Diantaranya adalah upacara adat rasulan dan juga upacara adat bersik kali.

Pada tahun ini, suasana agak berbeda di Padukuhan Karangmojo. Warga masyarakat melaksanakan rasulan dan bersik kali secara bersamaan yaitu bersik Kali Semilih.

"Acara rasulan tahun ini agak berbeda. Dibuat lebih sederhana dikarenakan Padukuhan Karangmojo baru mau membangun Balai Padukuhan, jadi anggaran ke rasulan dialihkan ke Balai Padukuhan," tutur Kadus Karangmojo, Ana Waskita.

Acara genduri rasulan pada malam tirakatan juga tetap dilaksanakan. Namun berhubung Balai Padukuhan belum jadi maka acara dilaksanakan di rumah Bapak Karto Yoso di RT 007 Padukuhan Karangmojo.

Walaupun acara dilaksanakan dengan sederhana tidak mengurangi antusias warga masyarakat untuk melaksanakan adat tradisi rasulan.

Pada malah harinya juga diisi dengan acara kerawitan oleh warga masyarakat para pecinta seni. Kemudian di pagi harinya juga dilaksanakan bersik Kali Semilih di Padukuan Karangmojo.

Semua waega masyarakat secara beramai-ramai berbondong-bondong memenuhi Kali Semilih untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan kali dan melaksanakn genduri adat di tempat tersebut.

Kontributor : Agung Subekti

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo