Bersik Kali Grogol Berlangsung Khitmad & Sederhana

05 Mei 2017 09:41:03 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Pada hari Kamis wage tanggal  4 Mei 2017, dari pagi hari suasana Sumber Kali Grogol ramai dipenuhi warga masyarakat. Ini lain dari hari-hari biasanya karena pada pagi itu warga masyarakat Padukuhan Grogol dan sebagian Padukuhan Karanglor mengadakan kerja bakti massal di Area komplek Sumber Kali Grogol. Kerja bakti ini daIam rangka melaksanakan agenda adat yaitu “Bersik Kali atau Perti Lepen Grogol”.

Kegiatan bersik kali sendiri merupakan tradisi adat rutin tahunan yang masih dilaksanakan di Padukuhan Grogol dan sekitarnya. Acara ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas karunia-Nya kepada warga Grogol & sekitarnya terlebih nikmat rizky berupa sumber air. Warga masyarakat meyakini dengan merawat dan menjaga sumber air ini maka akan sangat mendukung kelestarian sumber air itu sendiri. Hal ini memang benar-benar terbukti, karena selama ini memang Sumber kali Grogol selalu melimpah dan tidak pernah kering walaupun pada saat musim kemarau panjang.

Kegiatan Bersik Kali ini dimulai dengan membersihkan komplek sumber dan mengguras bak penampung air di sumber kali ini. Dan sebagai wujud syukur sebagian warga masyarakat Grogol dan sebagian Karanglor membuat shodaqoh berupa nasi uduk dan ingkung untuk nanti dimakan bersama dan dibagikan ke warga setelah acara Kerja bakti bersih-bersih sekitar sumber kali selesai.

Pada tahun ini ada yang lain dibersik kali Grogol karena didatangi dari tim pendamping Desa Budaya DIY dan Polsek Karangmojo. Adapun prosesi bersik kali sendiri dimulai dari ikror pembukaan oleh Bp. Sarju selaku juru kunci kali dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan kali dan diakhiri dengan penggurasan bak penampung air. Acara ini ditutup dengan ikror penyerahan shodaqoh warga oleh sesepuh adat Grogol Bp. Giyono Saputro dan diterima oleh oleh juru kunci dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Bp. Habib Ali Wasiyanto kaum Grogol. Selesai membaca doa kemudian seluruh shodaqoh dari warga di makan bersama sama dan sisanya dibagi-bagikan.

Pada tahun ini jumlah ingkung ayam yang dishodaqohkan warga berjumlah 40 ekor, ini terjadi peningkatan dibanding tahun lalu. Sumber Kali Grogol sendiri terletak di Padukuhan Grogol 3 yang letaknya juga berbatasan dengan Padukuhan Karanglor, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Selama ini Sumber Kali Grogol digunakan untuk mandi dan mencuci dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar serta untuk menyirami lahan pertanian disekitarnya waktu musim kemarau.

Kontributor : Ribut Priyanto

Komentar atas Bersik Kali Grogol Berlangsung Khitmad & Sederhana

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo