Warga Grogol 5 Ziarah Kubur Massal

13 Mei 2017 14:07:53 WIB

bejiharjo-Karangmojo.desa.id - Pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2017 suasana Makam Kademangan Gunungan Grogol 3 terlihat lain dari biasanya. Di sepanjang jalan sebelah barat makam didirikan tenda dan dibawahnya dipenuhi hamparan tikar, mirip suasana akan diadakan pengajian atau pertemuan.

Suasana bertambah ramai mulai jam 13.00 Wib, karena banyak warga masyarakat mulai berdatangan ke lokasi tersenut, mayoritas warga yang datang adalah warga masyarakat padukuhan Grogol 5. Memang mereka datang atas kesepakatan yang mereka buat tiga tahun silam dimana warga akan melaksanakan ziarah kubur bersama setahun sekali pada bulan sya'ban. Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran kepada masyarakat untuk berbakti kepada orang tua, sekaligus mengingatkan kepada mereka akan sesuatu yang pasti akan terjadi, yaitu kematiam.

"Kegiatan seperti ini sudah rutin dilaksanakan selama 3 tahun terakhir ini," ungkap Habib Ali Wasianto, tokoh agama di Padukuhan Grogol.

Acara ini dikemas dengan pembacaan tahlim dan doa untuk ruh para leluhur yang telah meninggal dunia dan diakhiri dengan tabur bunga di makam. Sebenarnya Ruwahan adalah tradisi adat yang masih dijaga dan dilestarikan warga masyarakat padukuhan ini.

Alasan lain warga masyarakat mengikuti acara ini adalah dalam rangka melestarikan adat dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini.

Acara ini didatangi ratusan warga masyarakat padukuhan Grogol 5 dan ada juga yang datang dari luar padukuhan Grogol 5, acara ini berjalan dengan lancar dan khidmad dan berakhir pada jam 16.00 Wib.

Kontributor : Ribut Priyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo