IMAJI Sosialisasi Ketahanan Kesehatan Jiwa

15 Mei 2017 13:05:32 WIB

Bejiharjo-karangmojo.desa.id - Pemerintah Desa Bejiharjo bekerjasama dengan Yayasan  INTIMATAJIWA melaksanakan kegiatan sarasehan di Aula Balai Desa Bejiharjo (13/05/2017) dengan tema Edukasi Kesehatan Jiwa ke Masyarakat Umum. Hadir dalam acara tersebut, anggota BPD, Lembaga Desa (PKK,LPMD,Karang Taruna), Kader dan tokoh masyarakat (Tokoh Desa, Adat dan Agama).

Dalam sarasehan ini panitia menghadirkan 3 narasumber yang sangat berkompeten dibidang kejiwaan, yaitu :

  1. Ida Rohmawati (relawan IMAJI/Psikiater RSUD Wonosari)
  2. Silvy Dewajani, M.Psi (relawan IMAJI/Dosen Fakultas Psikologi UGM)
  3. Wage Daksinarga (relawan IMAJI /Penggiat seni budaya perdesaan)

Latar belakang diadakanya sarasehan ini adalah untuk meluruskan pandangan masyarakat yang selama ini menganggap bahwa kesehatan sebatas sehat secara fisik saja, sedang kesehatan jiwa sering diabaikan. Sedangkan tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan jiwa masyarakat sehingga terwujud masyarakat sehat fisik, sehat jiwa dan sehat sosial.

Dalam materinya dr. Ida Rohmawati menyampaikan  tentang gejala depresi, terapi depresi dan cara pencegahan terjadinya depresi.  "Gangguan depresi adalah gangguan jiwa dengan gejala utama penurunan mood (suasana perasaan)dan tidak adanya motivasi dalam diri atau putus asa” tutur dr. Ida Rohmawati.

Materi yang ke-2 disampaikan oleh Dr. Silvy Dewajani, M.Psi, ia menjelaskan tentang penyebab bunuh diri secara umum antara lain patah harapan, masalah, tekanan hidup dan kesenjangan.  "Cara menanggulangi  bunuh diri adalah dengan hidup seimbang” tuturnya diakhir penyampaian materinya.

Kontributor : Tri winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo