Disperindag Kabupaten Berikan Pembinaan dan Pendampingan Industri Makanan

22 Mei 2017 11:00:26 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Sektor industri kecil menengah merupakan industri andalan masa depan mengingat perannya yang penting dan strategis bagi pelaku usaha pangan terhadap perekonomian di wilayah Bejiharjo. Peran penting dan strategis itu tercipta karena sektor industri ini didukung oleh ketersediaan bahan baku berupa Sumber Daya Alam yang cukup melimpah di Bejiharjo,dan didukung sektor pariwisata.

Salah satu potensi yang ada dan sudah dikembangkan di Bejiharjo saat ini yaitu bonggol pisang. Pembuatan olahan makanan dengan bahan baku bonggol pisang ini telah memberikan kontribusi yang penting dalam pembangunan daerah dan masyarakat khususnya bagi pertumbuhan ekonomi, antara lain peningkatan pendapatan, menyerap tenaga kerja dan dapat memenuhi kebutuhan bagi industri pangan.

Namun karena pangan berhubungan dengan kesehatan manusia, maka produk pangan harus dapat memenuhi persyaratan jaminan kesehatan dan keamanan.  

Untuk meningkatkan usaha dimaksud baik dari sisi proses produksi beserta peralatan pendukungnya maupun mutu produk diperlukan adanya suatu bimbingan dalam bentuk pelatihan yang lebih intensif dan berkesinambungan. Hal ini tidak bisa hanya mengandalkan pelaku usaha yang bersangkutan akan tetapi peranan Pemerintah Desa bejiharjo sangat dibutuhkan,dalam hal ini Pemerintah Desa Bejiharjo bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Gunungkidul memberikan dorongan dan pendampingan dalam meningkatkan mutu terkait cara pengolahan pangan yang baik, benar, aman agar lebih efisien dan dapat meningkatkan profit usahanya, memberikan nilai tambah dan berdampak positif bagi masyarakat. 

Adapun tujuan dari Kegiatan Pembinaan dan pendampingan Industri Kecil dan Menengah dalam Memperkuat Jaringan industry kecil menengah ini adalah membina pelaku usaha olahan makanan dalam upaya Meningkatkan kualitas produknya serta menciptakan inovasi produk berbahan baku dari bahan local. Dalam pembinaan ini pengusaha kecil menengah akan diarahkan pada jenis produk dengan bahan dasar dengan bahan dasar sayuran,antara lain terong,papaya,pare,bayam ,keningkir, dimana produk ini diharapkan meningkatkan penghasilan bagi para pengusaha.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 16 s.d 19 mei 2017 bertempat di Dusun Banyubening 2,dengan 20 Peserta pelatihan,Dalam pembinaan dan pendampingan ini peserta diberikan teori sekitar 30% dan selebihnya adalah praktek.praktek yang diberikan meliputi pemilihan bahan baku,persiapan sebelum produksi,proses produksi,sampai pengemasan.Selain memberikan pembinaan dan pendampingan Disperindag juga memberikan bantuan berupa bahan baku pembuatan produk olahan pangan,Antaralain Jagung,minyak,tepung beras,tepung maizena,terigu,tapioca,minyak,gula ,telur,pengembang dan lain-lain.bantuan bahan baku diberikan agar dijadikan stimulan dan sebagai modal awal dari kelompok/

Kontributor : Tri Winarsih 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo