KWT Sari Manunggal Kembangkan Tanaman Cabai dan Terong

15 Juni 2017 20:37:50 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Sebanyak 60 orang ibu-ibu tua maupun muda dari Padukuhan Grogol 3 Desa Bejiharjo pada Kamis (15/07/2017) pagi mendatangi rumah Kepala Dusun Grogol 3, Giyono Saputro. Mereka merupakan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Sari Manunggal di padukuhan setempat.

Kedatangan ibu-ibu ini bukanlah untuk melakukan demo melainkan untuk melakukan pembibitan cabai dalam polibag.  Semangat ibu-ibu itu terlihat dari kekompokannya dalam membuat bibit tanaman cabai dalam polibag. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh KWT Sari Manunggal. Selain melakuka kegiatan di rumah Kepala Dusun mereka juga memannfaatkan kompleks Pasar Grogol yang bersampingan dengan rumah Kepala Dusun untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Kegiatan ini berawal kelompok pertama yang beranggotakan 30 orang yang mendapatkan pelatih pembibitan sayuran dan penanamnya. Saat sudah siap panen dan dijual, hasil penjualan tersebut dimasukkan ke dalam kas kelompok dan sebagian diberikan ke kelompok yang kedua hingga terbentuklah 60 orang dari dua kelompok tersebut.

Selain menanam cabai, kelompok ini juga menanam tanaman terong. Suratmi salah seorang anggota kelompok menjelaskan jika tanaman tersebut mudah ditangani. “Kenapa memilih cabai dan terong, ini karena yang paling cocok dan mudah ditangani,” paparnya. Suratmi menambahkan, sayuran cabai dan terong tersebut merupakan sayuran yang setiap hari dibutuhkan. 

Kelompok KWT Sari Manunggal ini awalnya dibentuk oleh Dinas Pertanian melalui program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP). Salah satu program dalam kegiatan ini adalah pemberdayaan kelompok wanita untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga melalui pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo