Halal Bi Halal Menjadi Tradisi yang Masih Dijaga

25 Juni 2017 15:02:48 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Sholat Idul Fitri di Padukuhan Grogol berjalan dengan khusyuk. Usai melaksanakan sholat id di tanah lapang, selain melaksanakan tradisi mengunjungi saudara ataupun tetangga, warga masyarakat Grogol masih mempunyai tradisi yang kental di wilayahnya masing-masing, tradisi tersebut adalah halal bi halal. Dari padukuhan Grogol 1 sampai dengan Grogol 6, tradisi halah bi halal dilakukan di balai padukuhan atau di masjid yang telah ditentukan oleh kepala padukuhan / dukuh.

Sebagai kebiasaan yang hanya ada di tanah air, halal bi halal menjadi ungkapan untuk saling memaafkan atas kesalahan dan kehilafan yang dilakukan. Halal Bi halal merupakan aktfitas seseorang untuk menyelesaikan masalah dengan saudara maupun tetangga, meluruskan hubungan yang sempat terputus, serta melepaskan ikatan dosa dengan jalan saling memaafkan. Halal bi halal ini juga pernah digunakan oleh Bapak Proklamator, Soekarno, dalam menyatukan para elit politik untuk menyatukan kekuatan pasca proklamasi.

Salah satu kegiatan halal bi halal ini dilaksanakan di padukuhan Grogol 6 Desa Bejiharjo yang bertempat di Musholla Al Amin pada pukul 10.00 WIB tadi. Acara ini dihadiri oleh warga masyarakat padukuhan dan warga rantau yang sedang pulang ke kampung halaman yang sudah lama tidak saling bertemu untuk saling melebur dosa pada hari  lebaran ini.

Sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan antar sesamanya sehingga menimbulkan reaksi diantara keduanya. Terkadang rekasi tersebut juga menimbulkan perselisihan dan sakit hati, maka acara halal bi halal ini merupakan kesempatan untuk saling maaf memaafkan sebagaimana disampaikan Drs. Mustangid M.Pd dalam khotbah sholat id tadi pagi.

Hal yang mejadi bagian tersakral acara ini terdalam ikrar syawalan, ikrar syawalan ini dipimpin oleh Andi Susanto, tokoh agama setempat. Dalam ikrar tersebut secara lahir dan batin berisi ungkapan permintaan maaf sekaligus ungkapan saling memaafkan karena telah menyadari kekhilafan masing-masing.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo