"Tirakatan dihibur Thoklik"

19 Juli 2017 13:47:19 WIB

Bejiharjo-karangmojo.desa. id  Tirakatan adalah tradisi unik yang khas dan sering ditemui di tengah-tengah masyarakat kita. Tradisi ini tidak ada kaitannya dengan suatu paham religiusitas tertentu karena diikuti oleh warga berbagai agama dan penganut kepercayaan apa pun.  Dalam acara tirakatan ini,selain diisi dengan penyampaian informasi tentang Padukuhan dan pemerintahan juga membahas tentang pembangunan.  Setelah acara penyampaian informasi dilanjutkan dengan kenduri yang merupakan wujud syukur warga atas berkah dari yang maha kuasa.

 Senin (17/07/2017)Padukuhan Sokoliman 2 mengadakan tirakatan dalam rangka bersih dusun (rasul), di kediaman bapak Waryadi, Dukuh Sokoliman 2.  Selain Ketua RT, Ketus RW, tokoh masyarakat danTokoh agama, nampak hadir pula dalam acara tersebut anggota kesenian thoklik.

Selain untuk memeriahkan malam tirakatan, kesenian thoklik ditampilkan malam itu dalam rangka mempersiapkan untuk lomba di tingkat Kecamatan dalam rangka Peringatan HUT RI ke-72.

kesenian thoklik ini terdiri beranggotakan kaum bapak sebagai musisinya dan kaum ibu sebagai penyanyinya.  Sayangnya sampai saat ini belum ada regenerasi.

Keunik Thoklik terlihat dari semua alat musiknya yang terbuat dari bambo.

Kontributor :  Tri winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo