Sukseskan Bulan Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR)

25 Juli 2017 09:54:13 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Dalam rangka Bulan Kampanye Measles-Rubella (Imunisasi MR) tahun 2017 ini, Puskesmas Karangmojo II mengadakan Advokasi dan Sosialisai Vaksin Baru (kampanye MR) dengan mengundang Kepala Desa dan lembaga pendidikan dari 4 Desa  (Bejiharjo, Bendungan, Wiladeg, dan Kelor).

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Campak dan Rubella merupakan penyakit infeksi yang sangat menular yang disebabkan oleh virus campak dan rubella. Penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (Pneumonia), radang otak (Esefalitis), kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada tri semester pertama dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal dengan sebagai Sindroma Rubella Congenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian, dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit Campak dan Rubella, namun penyakit ini dapat dicegah yaitu dengan imunisasi dengan vaksin MR. Imunisasi MR merupakan program nasional yang diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun di seluruh Indonesia, tetapi khusus untuk DIY sasaran imunisasi ini dari usia 9 bulan sampai 16 tahun kurang sehari terhitung dari jadwal pemberian vaksin. Vaksin ini diberikan kepada seluruh usia sasaran baik laki-laki maupun perempuan kecuali pada anak yang sedang dalam kondisi demam.

Imunisasi MR pada lembaga TK, SD, dan SMP akan dilaksanankan di sekolah-sekolah pada bulan Agustus dengan jadwal yang akan ditentukan oleh Puskesmas, sedangkan untuk anak usia PAUD akan dilaksanakan pada bulan September di Posyandu.

Sedangkan pada anak usia kurang dari 16 tahun yang sudah duduk dibangku SMA sederajat bisa mendapatkan imunisasi MR di Posyandu berbarengan dengan anak usia PAUD karena memang sasaran pelaksanaan imunisasi di sekolah hanya sampai SMP. Sedangkan bagi anak-anak yang pada saat pelaksanaan imunisasi belum bisa mengikuti karena beberapa alasan bisa mendapatkan imunisasi di Puskesmas ataupun secara kolektif di sekolah dengan catatan terkumpul minimal 5 anak karena 1 anpul vaksin diperuntukan bagi 8 anak dan setiap anpul yang sudah dibuka di satu tempat tidak dapat digunakan lagi di tempat lain.

Mari kita sukseskan program nasional Imunisasi MR bulan September - Agustus 2017, satu vaksin untuk mencegah 2 penyakit sekaligus melindungi buah hati kita dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit campak dan Rubella.

Kontributor : Tri Winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo