Puluhan Tahun Menanti, 2017 Desa Bejiharjo Terima Gamelan Perunggu

28 Juli 2017 19:22:46 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Ekspresi senang dan bahagia nampak terlihat diwajah pemerintah desa dan para pelaku kesenian utamanya karawitan di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Hal itu dikarenakan Desa Bejiharjo sebagai salah satu desa budaya di Gunungkidul telah menerima bantuan hibah gamelan perunggu dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (27/07/2017) sore.

Setelah sekian tahun menanti keinginan untuk memiliki gamelan perunggu, akhirnya keinginan tersebut dapat terwujud jua. Gamelan yang datang dari Sukoarjo pukul 16.30 WIB itu kemudian diturunkan bersama dan ditata di dalam pendopo Balai Desa Bejiharjo untuk dicoba setelah diserahterimakan.

Acara serah terima bantuan hibah gamelan perunggu kepada Desa Bejiharjo oleh Dinas Kebudayaan DIY tersebut dilaksanakan pukul 20.00 WIB. Hadir dalam accara tersebut, Drs Markus Swarisman Seksi Adat dan Tradisi Disbud DIY, Yanto Kepala Desa Bejiharjo, Hargo Warsono, MPd Ketua Desa Budaya Bejiharjo, Pelaku kesenian karawitan, Pendamping Desa Budaya Kabupaten Gunungkidul, dan Perangkat Desa Bejiharjo.

Sebelum diserahterimakan diadakan acara doa bersama, kenduri dan potong tumpeng sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang telah mengabulkan keinginan warga Desa Bejiharjo tersebut. Dipimpin oleh Kaum Suwardi irinngan doa rasa syukur dipanjatkan.

Dalam sambutannya, Hargo menuturkan, “Rasa senang ini tidak dapat digambarkan dengan kata-kata, ini hal yang luar biasa, sudah puluhan tahun kita menunggu gamelan perunggu ini, tahun ini sudah kita terima di tanggal 27 Juli 2017”.

Desa Budaya Bejiharjo, lanjut Hargo, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kebudayaan DIY kepada Desa Bejiharjo atas bantuan yang telah diberikan.

Mewakili Kepala Disbud DIY, Markus Swarisman menuturkan bahwa bantuan ini bersifat hibah. “Bantuan ini sifatnya hibah pinjam pakai, aslinya (gamelan tersebut) milik dinas kemudian dihibahkan ke Desa Bejiharjo, hak penggunaan sepenuhnya ada di Bejiharjo,” ungkapnya.

Dalam berita acara tersebut terdapat 44 item gamelan perunggu laras pelog slendro (3 paket)Ia berharap dengan adanya bantuan hibah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kessenian di Desa Bejiharjo dalam melestarikan kebudayaan. Dan karena gammelan tersebut masih baru maka harus sering digunakan agar bahannya memadat, dengan demikian semakin lama bunyi yang dikeluarkan semakin bagus dan panjang.

Atas permintaan Ketua Desa Budaya, Markus memberikan tetenger (tanda) gamelan tersebut dengan nama Kyai Swari Broto. Swari diambilnya dari burung swari, salah salah satu burung yang memiliki warna yang indah dan suara yang besar dan keras sedangkan broto diartikannya sebagai sebuah usaha. Dengan tetenger tesebut Ia berharap agar dapat menjadi sesuatu yang besar dan indah bagi masyarakat Desa Bejiharjo. 

Yanto selaku kepala desa akan mengagendakan setiap Selasa Wage perangkat desa dapat berlatih nggamel. Hari itu dipilih sesuai dengan hari berdirinya Desa Bejiharjo. Ia berharap untuk kedepannya Desa Bejiharjo mendapat bantuan wayang kulit untuk menambah aset Desa Bejiharjo  agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Serah terima tersebut dilakukan secara simbolis dengan penyerahan rebab oleh Markus kepada Yanto. Setelah serah terima tersebut, acara ditutup dengan penampilan kelompok seni karawitan Desa Bejiharjo. Sayangnya Ki Sadipan salah satu maestro Lelagon Wisata Gunungkidul yang menunggu datangnya Gamelan sejak sore petang itu harus dipulangkan karena karena sedang tidak enak badan. Meski demikian acara tersebut tetap berjalan hingga pukul 22.00 WIB.

 

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo