Pentingnya Pendidikan Bagi Bangsa dan Negara

02 Agustus 2017 14:15:43 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id -  Pendidikan merupakan pilar utama dalam kemajuan suatu bangsa. Tanpa pendidikan Negara akan hancur, disamping itu juga bidang lainnya seperti ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. 

Suatu Negara dikatakan maju apabila pendidikan suatau Negara tersebut berkembang pesat dan memadai. Dengan pendidikan kita bisa mengetahui sesuatu yang di tak ketahui menjadi tahu. Dengan pendidikan kita bisa meningkatkan potensi diri dan cara berfikir kita. 

Bahkan dalam suatu riwayat dikatakan, kalau mau bahagia didunia haruslah dengan ilmu, kalau mau bahagia di akhirat juga dengan ilmu. Disini ditekankan bahwa ilmu itu sangat penting dan utama, bahkan orang yang berilmu dan bermanfaat bagi orang lain lebih tinggi kedudukannya. 

Untuk memberikan pemahaman dan membuka cara pandang masyarakat terhadap pentingnya pendidikan bagi bangsa dan negara, Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Yolan Education Center (YEC) dari Kabupaten Bantul mengadakan Seminar Sehari tentang Pentingnya Pendidikan Bagi bangsa dan Negara di Balai Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo pada Rabu (02/08/2017) siang.

Sasaran dalam kegiatan seminar ini adalah Perangkat Desa Bejiharjo, Tokoh masyarakat, Karang taruna, serta PKK / Dasawisma. Melalui perwakilan unsur tersebut diharapkan dapat meneruskan informasi kepada masyarakat lainnya.

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah S.Sos yang diwakili oleh I Ketut Santosa, SE, M.Si Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan menilai seminar ini sangat cocok sebagai media untuk merespon dinamika dan kompleksitas pendidikan nasional yang sedang dihadapim pemerintah maupun bangsa Indonesia.

Supriyani Sagirah SE sebagai pembicara utama dalam seminar tersebut mengatakan, "Majunya pendidikan akan mendorong pentingnya pendidikan bagi banngsa dan negara karena pendidikan itu untuk membentuk karakter, ketrampilan, untuk mencapai kesuksesan dan cita-cita". 

Selain itu, lanjut Supriyani, hal tersebut dalam membentuk karakter manusia Indonesia seutuhnya yang bercirikan Pancasila, yang berketuhanan aadil dan beradap, mempunyai jiwa rukun untuk persatuan, mau dipimpin dan memimpin dengan bijaksana serta adil secara sosial.

Dalam gelar materi seminar, YEC mendatangkan Arham Mashudi dari Badan Kesatuan Bangsal dan Politik Kabupaten Gunungkidul serta Akademisi Pendidik Anak Usia Dini Anjar Rohani, S.Pd.I dari Blora Jawa Tengah. Dari keduanya mengungkapkan bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk masyarakat dalam memajukan negara. Dan juga sangat penting dalam proses pembangunan negara untuk menjadi negara yang lebih maju. 

Kontributor : Sugeng Riyanto 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo