Meriahnya Penilaian Lomba Pengagungan Desa Bejiharjo

02 Agustus 2017 15:06:05 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 tahun 2017, Kecamatan Karangmojo mengadakan Lomba Pengagungan Antar Desa. Rabu (02/08/2017) pagi, Tim Penilai Lomba Pengagungan di hari ke-7 ini mengunjungi Padukuhan Bulu yang mewakili Desa Bejiharjo sebagai Padukuhan Sampel. Dipilihnya Padukuhan Bulu sebagai Padukuhan Sampel oleh Kepala Desa Bejiharjo, Yanto dengan melihat potensi yang ada begitu banyak baik dari hasil potensi alam dan sumber daya manusianya.

Kegiatan penilaian ini dipusatkan di Balai Padukuhan Bulu Desa Bejiharjo. Sebelum memasuki Balai Padukuhan Bulu, rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Camat Karangmojo Drs. Wastana sudah berkeliling ke 12 RT di Padukuhan Bulu. Kunjungan ini sekaligus untuk meninjau kebersihan, keindahan, keserasian dan kemeriahan dalam menyambut penilaian lomba. 

Agung Subekti, Dukuh Bulu, setelah menerima kedatangan Camat Karangmojo dan rombongan memaparakan kondisi wilayah Padukuhan Bulu, Pengolahan Sumber Daya Alam, Potensi Masyarakat, serta laporan penggunaan Dana Desa dan swadaya masyarakat secara menyeluruh kepada tim penilai lomba. Sebagai bagian dari penilaian tersebut, Agung bersama panitia lomba telah menyiapkan berbagai administrasi padukuhan.

Dalam sambutannya, Wastana, setelah melakukan tinjauan ke 12 RT mengapresiasi partisipasi warga Padukuhan Bulu yang telah mendukung persiapan dan menyambut tim penilai lomba pengagungan ini. Hal tersebut Ia sampaikan melihat seluruh warga yang datang memadati Balai Padukuhan Bulu menyaksikan jalannya penilaian lomba hingga warga pun rela menggelar tikar diluar balai.

Dalam kesepatan tersebut juga dilaksanakan lomba Paduan Suara PKK. Kelompok Paduan Suara PKK Desa Bejiharjo menyanyikan lagu wajib Mars PKK, Mars Gunungkidul Handayani dan Mars KB serta lagu pilihan Suwe Ora Jamu. Tak kalah dengan kelopok paduan suara PKK Desa Bejiharjo, penampilan kelompok Lomba Gejog Lesung turut menambah meriahnya kegiatan.

Usai menyaksikan penampilan lomba-lomba tersebut tim penilai mulai melaksanakan tugasnya diiringi penampilan kesenian karawitan dan tari tayub atau ledek hingga penilaian selesai.  

Padukuhan Bulu memang menyimpan banyak potensi kesenian karawitan dan tayub ada kesenian lain yang turut ditampilkan seperti reog yang membuka jalannya penilaian lomba pengagungan. Selain potensi budaya tersebut, ada pula potensi sumber daya alam dan potensi masyarakat yang dikemas dalam sebuah pameran. Pameran tersebut menampilkan kerajinan blangkon yang menjadi andalan padukuhan Bulu sebagai sentra industri blangkon, kerajinan gamelan, hasil makanan olahan seperti tempe kedelai, bakpia, kripik singkong, pecel, serta hasil pertanian warga berupa bawang merah. 

Menutup rangkaian penilaian lomba pengagungan tersebut, tim penilai yang diwakili oleh Bapak Slamet menyampaikan pesan kesan kepada panitia lomba pengagungan. Slamet menyampaikan dari keseluruhan persiapann sudah baik, salah satunya administrasi padukuhan pun sudah dilaksanakan dengan rutin hanya perlu sedikit penambahan perincian dalam buku surat pengantar RT dengan melebarkan kolom keperluan pembuatan surat.

Subardiyo, Kasi. Pelayanan Desa Bejiharjo mewakili Kepala Desa Bejiharjo dalam melepas tim penilaian mengucapkan terima kasih telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia tidak akan melakukan protes terhadap hasil yang nantinya akan diterima, Ia hanya berharap mudah-mudahan Desa Bejiharjo dapat masuk dalam urutan 3 besar.

Hasil lomba ini belum dapat ditentukan sekarang karena masih ada dua desa yang belum dinilai, yaitu Desa Jatiayu dan Desa Gedangrejo. Tim Penilai akan merekap keseluruhan nilai apabila semua desa telah dinilai.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo