Makna "Podhang Ngisep Sari"

11 Agustus 2017 23:54:51 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id –  Filosofi umbul-umbul Podhang Ngisep Sari sebenarnya memiliki makna yang sangat mendalam bagi Kabupaten Gunungkidul karena mengandung pengertian mengisap potensi alam baik berupa tumbuh-tumbuhan, bukit, pantai, goa, batu-batuan yang itu semua sangat menguntungkan bagi kesejahteraan masyarakat Gunungkidul.

Oleh sebab itu nama Podhang Ngisep Sari kemudian dijadikan simbol/lambang wilayah dengan mangambil makna dari alam tersebut.

Saat itu semua wilayah memiliki lambang/simbol sendiri-sendiri yang semuanya digali dari alam. Tentu semuanya tidak terlepas dari keberadaan Keraton Ngayogyakarta yang kemudian diformalkan untuk semua kabupaten dan kota se-DIY.

Hanya saja, di Kabupaten Gunungkidul baru dimasyarakatkan sekitar tahun 90an melalui pemasangan umbul-umbul Podhang Ngisep Sari. Meski pada awalnya berupa bendera dengan warna dasar Kuning dan pada bulatan tengah berwarna Merah.

Podhang Ngisep Sari merupakan kalimat aktif, Podhang (sebagai subyek) – Ngisep (sebagai predikat) – Sari (sebagai obyek).

  • Kata Podhang lengkapnya Kepodhang dari nama burung berwarna kuning cerah pemakan serangga dan buah-buahan, sedikit berbulu hitam pada kepala dan sayapnya.
  • Kata Ngingsep dari kata dasar Ingsep yang berarti menyerap.
  • Kata Sari berasal dari kata asri/endah, yang berkaitan dengan kata sari tersebut adalah madu bunga.

Maka Podhang Ngisep Sari diartikan sebagai seekor Burung Kepodhang yang sedang Menghisap Madu yang terdapat pada Bunga dengan interpretasi sebagai berikut :

Podhang

:

segenap lapisan masyarakat Gunungkidul

Ngisep

:

usaha untuk memiliki dengan mengambil manfaat segenap potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Gunungkidul tanpa merusak lingkungan sama sekali, bahkan saling menguntungkan

Sari

:

digambarkan dengan bunga, lengkapnya madu bunga yang dapat diartikan segenap potensi yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul baik berupa flora, fauna maupun alamnya

Kontributor : Sugeng Riyanto

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo