Manfaat Updating Data Keluarga melalui Pendataan Keluarga

04 September 2017 11:10:00 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Menindaklanjuti Pendataan Keluarga (PK) tahun 2017, Koordinator Kader dan Petugas Pembantu Keluarga Berencana Desa (PPKBD) mengadakan pertemuan yang berkenaan dengan Updating Data Keluarga melalui PK. Acara ini diadakan pada hari Senin (04/09/2017), dihadiri oleh kader-kader pendata perwakilan 20 Padukuhan bertempat di Aula Balai Desa Bejiharjo.

Ngatini Haris selaku PPKBD yang memimpin jalannya acara menyampaikan bahwa dalam sebuah pendataan harus diusahakan sevalid mungkin, dimana kader pendata dengan yang didata harus bisa bertatap muka langsung melakukan wawancara dengan mencocokkan bukti yang ada dalam Kartu Keluarga (KK). Diharapkan dalam updating nanti benar-benar bisa maksimal.   

Prioritas program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ini salah satunya adalah untuk mengadakan pendataan keluarga dengan tujuan untuk menghasilkan data dan informasi tentang data demografi, keluarga berencana, tahapan keluarga sejahtera, dan anggota keluarga. Data yang dihasilkan dapat dijadikan pembanding sehingga akan tampak perubahan data dari tahun ke tahun.

Data yang banyak mengalami perubahan adalah data yang terkait dengan Pasangan Usia Subur (PUS), Wanita Usia Subur (WUS) dan KB. Data KB terdiri dari usia kawin pertama, jumlah anak yang dilahirkan hidup, kepesertaan KB, metode kontrasepsi yang sedang digunakan dan yang pernah digunakan sudah berapa lama menggunakannya, keinginan punya anak lagi, alasan tidak ber-KB, serta tempat ber-KB.

Kader yang datang sangat antusias mendengarkan penjelasan tentang Updating PK. Setelah diberikan penjelasan diharapkan para kader segera melaksanakan pendataan sehingga koordinator kader bisa segera merekap dan segera mengumpulkan data ke tingkat kecamatan.

Kontributor :  Tri Winarsih

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo