Musrenbangdes Bejiharjo Tentukan Arah Pembangunan Desa 2018

08 September 2017 00:34:11 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa id – Guna melaksanakan pembangunan desa tahun 2018, Pemerintah Desa Bejiharjo menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada Rabu (06/09/2017) di Balai Desa sejak pukul 12.30. Musrenbangdes tahun ini membahas 2 hal yaitu Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2018 dan Daftar Usulan RKPDes tahun 2019.

Musyawarah desa ini akan menjadi pijakan dalam menentukan arah pembangunan desa yang akan dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya musyawarah dilanjutkan dengan pemaparan RKPDes 2018 dan DURKPDes 2019 oleh Sekretaris Desa Bejiharjo, Eni Lestari dihadapan para tamu undangan dan Sekretaris Camat baru, Aris Pamdudi, SIP. MM.

Ada 4 bidang kegiatan yang disampaikan Eni dalam pemaparan tersebut, yaitu bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, bidang Pembangunan Desa, bidang Pembinaan Masyarakat Desa dan bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Usai mencermati pemaparan dari sekdes, Aris yang baru kali pertama ke Desa Bejiharjo memperkenalkan diri selanjutnya memberikan pandangan secara resmi dalam forum musren tersebut. Aris meminta untuk setiap kelompok bidang mencermati materi masing-masing bidang baik RKPDes 2018 maupun DURKPDes 2019 untuk menentukan prioritas kebutuhan pokok masyarakat.

Pandangan Aris tersebut diimplementasikan dalam sidang kelompok oleh 4 bidang kegiatan. Salah satunya kelompok bidang Pembangunan Desa yang diketuai oleh Giyono Saputro. Dari 3 bidang lainnya, total anggaran yang usulan bidang Pembangunan Desa Rp.996.829.520 atau kedua setelah bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Sedang dalam DURKPDes 2019 usulan anggaran bidang Pembangunan Desa mencapai Rp. 8,35 M.

Sementara itu hadir dalam forum musrenbangdes tersebut Wiyati, SE Kasi. PMD Kecamatan Karangmojo, Sukisno, SIP Kasi. Tapem Kecamatan Karangmojo serta Pendamping Desa Kecamatan Karangmojo, Krisnu Aji yang turut medampingi jalannya sidang kelompok masing-masing bidang.

Pada pukul 15.00 WIB, masing-masing bidang menyampaikan hasil sidang kelompok yang disampaikan oleh Sujadi, S.Pd.I dari bidang Penyelenggaraan Pemerintah, Giyono Saputro dari bidang Pembangunan Desa, Tri Winarsih dari bidang Pembinaan Masyarakat serta Wasimin dari bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Kades Bejiharjo, Yanto, dalam tanggapannya menyampaikan banyak hal pada peserta musrenbangdes. Salah satu yang Ia tekakan pada bantuan Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK). Ia berharap ada bantuan PIWK untuk Desa Bejiharjo karena sudah lama Desa bejiharjo tidak mendapatkan bantuan PIWK. Selanjutnya, hasil sidang masing-masing kelompok bidang akan ditindaklanjuti oleh pemerintah desa beserta pimpinan sidang, H. Tumidjo, S.Ag.

Dalam Berita Acara Musrenbangdes tersebut pula ditunjuk perwakilan Musren ditingkat kecamatan untuk mengawal hasil musrenbangdes ke tingkat kecamatan. Adapun perwakilan tersebut yaitu dari unsur Kepala Desa oleh Yanto, unsur BPD oleh Rebita Birat Salaga, unsur LPMD oleh H. Gimu, S.Ag, unsur PKK oleh Sulartri, unsur Karang Taruna oleh Muhammad Ikhsan dan unsur Perempuan oleh Suratmi.

Setelah menyanyikan Lagu bagimu Negeri, acara pun diakhiri pada pukul 16.00 WIB dengan berdoa.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo