BPPM DIY Gelar Roadshow PUP tingkat Kecamatan di Bejiharjo

15 September 2017 10:04:52 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Tingginya angka pernikahan dini yang diikuti dengan persalinan di usia remaja serta kasus kehamilan yang tidak dikehendaki menjadi perhatian Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY. Hal tersebut menjadi latar belakang BPPM DIY untuk melaksanakan kegiatan Roadshow Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

Di Kecamatan Karangmojo Roadshow dilaksanakan pada Kamis, tanggal 14 September 2017 bertempat di balai Desa Bejiharjo. Roadshow dengan sasaran peserta remaja usia 16- 24 tahun meliputi perwakilan sekolah, organisasi sosial keagamaan/kemasyarakatan serta dihadiri oleh pimpinan instansi/lembaga/tokoh masyarakat/tokoh agama tingkat kecamatan dan desa serta Karang taruna.

Roadshow ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menurunkan angka pernikahan dini, menurunkan jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) dengan usia istri dibawah 20 tahun, meningkatkan pemahaman remaja tentang PUP, meningkatkan komitmen remaja dalam upaya PUP dan meningkatkan dukungan serta komitmen stakeholder dalam upaya PUP.

Rangkaian kegiatan Roadshow tersebut berupa Talk Show kemudian dilanjutkan dengan Seremonial Deklarasi Kampanye PUP. Talk Show mengambil tema “Bolehkah Remaja Kawin” dengan tiga narasumber dan 3 materi yaitu Membangun Remaja yang Sehat, Cerdas dan Ceria yang disampaikan oleh Camat karangmojo, Drs. Wastana.

Dilanjutkan dengan materi Pendewasaan Usia Perkawinan yang disampaikan oleh Sumarsono, SE dari BPPM DIY dan yang terakhir materi tentang Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan Resikonya disampaikan oleh Drs.Wijang Eka Aswarna, M.Si, Kepala Bidang KB, DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti talk show, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber yang tak jarang dari pertanyaan itu mengundang tawa para peseta lain. Setelah talk show selesai dilanjutkan dengan seremonial Pembacaan Komitmen Bersama para penyelenggara dan stakeholder yang ada di Kecamatan Karangmojo serta deklarasi remaja secara bersamaan.

Sebagai tand akomitmen tersebut dilaksanakan pula Penandatanganan Komitmen Deklarasi PUP oleh Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Kepala KUA, Kepala UPT TK SD Kecamatan Karangmojo, Kepala Sekolah SMP dan SMU se-Kecematan Karangmojo serta Kepala Desa. Terakhir dilakukan penandatanganan petisi remaja tentang PUP oleh perwakilan organisasi remaja yang ada di Kecamatan Karangmojo, Karang Taruna, dan perwakilan dari siswa SLTP dan SLTA yang ada di Kecamatan Karangmojo.

Kontributor : Tri Winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo