Pustaka Digital (PaDi) Hadir di Perpusdes Khasanah Info Bejiharjo

26 September 2017 07:08:30 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa. id – Perpustakaan Khasanah Info merupakan satu dari dua perpustakaan desa yang berada di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo. Perpustakaan ini memiliki pusat kegiatan di Eks SD Inpres di Pedukuhan Sokoliman 1. Sabtu (23/09/2017) lalu, perpusdes Khasanah Info menjadi salah satu dari delapan perpusdes di Gunungkidul yang mendapatkan bantuan Pengadaan Pustaka Digital atau yang saat ini disebut PaDi  pada tahap pertama. Kegiatan ini merupakan kerjasama PT. Telkom dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, demikian disampaikan oleh Heryanti pengelola perpusdes tersebut.

Minat baca di Indonesia saat ini dirasa masih minim dan jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lainnya, tak terkecuali di Kabupaten Gunungkidul yang juga masih minim dikalangan remaja. Kedepan, melalui program ini diharapkan mampu memberi inovasi baru untuk menarik dan meningkatkan kembali minat baca khususnya di Gunungkidul.

PaDi adalah inovasi baru PT. Telkom yang mengimplementasikan program “BUMN Hadir Untuk Negeri” dan untuk mendukung program Taman Bacaan Masyarakat dari Kemendikbud berupa perpustakaan digital yang dapat di akses di 1.000 lokasi di seluruh Indonesia. PaDi diluncurkan oleh Menteri BUMN dan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan pada 4 Mei 2016.

Sebelumnya Telkom telah memiliki platform komersial bernama Qbaca. Ini adalah e-book store atau toko buku digital yang memiliki berbagai pustaka dari berbagai penerbit di dalamnya. Melalui PaDi, Telkom bermaksud untuk memberikan akses seluruh pustaka digital milik berbagai penerbit tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat secara gratis. Hadirnya PaDi dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk mengakses beragam bacaan yang tersedia tidak hanya terbitan Balai Pustaka namun juga berbagai pustaka lainnya.

Sampai tanggal 30 September 2016 lalu, telah tersedia sekitar 1.030 lokasi yang sudah siap untuk digunakan mengakses PaDi. Lokasi tersebut mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura, termasuk wilayah – wilayah terpencil.

Sesuai arahan Menteri BUMN, di tahun 2017 Telkom akan mengelar 5.000 PaDi di seluruh Nusantara termasuk yang akan dirasakan manfaatnya oleh Perpusdes Khasanah Info.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Sumber :

http://www.telkom.co.id/ID/bumn-hadir-untuk-negeri-bagi-dunia-pendidikan-indonesia-telkom-siap-hadirkan-1-000-pustaka-digital-di-34-provinsi-indonesia.html

https://news.detik.com/advertorial-news-block/3203856/telkom-siap-hadirkan-1000-pustaka-digital-di-34-provinsi-indonesia

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo