Desa Budaya Bejiharjo Meriahkan Gelar Potensi Budaya Gunungkidul

29 September 2017 11:07:39 WIB

bejiharjo-karangmjo.desa.id - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menggelar acara tahunan Gelar Potensi Budaya. Gelar Potensi Budaya menjadi kegiatan puncak setiap desa dan kelurahan budaya dalam merepresentasikan dan menampilkan potensi seni budaya di wilayahnya.

Gelar Potensi Desa Budaya Kabupaten Gunungkidul digelar pada Kamis, 28 September 2017 bertempat di Balai Budaya Desa Semanu. Upacara pembukaan dimulai pada pukul 09.30 lalu dilanjutkan pentas seni dan budaya yang diikuti oleh 15 Desa Budaya se-Kabupaten Gunungkidul. 

Selain menampilkan seni pertunjukan, seluruh desa budaya juga memamerkan kerajinan dan kuliner di stand yang disediakan oleh panitia. Stand dibuat semenarik mungkin oleh setiap desa sesuai dengan konsep masing-masing untuk menarik pengunjung.

Desa Budaya Bejiharjo menampilkan seni pertunjukan dengan tema Bersik Kali Beji, sedangkan untuk stand pameran mengusung tema Pahargyan.

Seni pertunjukan yang ditampilkan merupakan hasil kerja keras dari pendamping budaya dan tokoh seni yang ada di Bejiharjo juga didukung oleh pelaku-pelaku seni yang terlibat di dalam pertunjukan ini. Pertunjukan ini melibatkan lebih dari 70 personil pelaku seni di Bejiharjo yang meliputi anak-anak, remaja dan juga sesepuh seni di Bejiharjo.

Sedangkan untuk Stand pameran didesain mengusung tema Pahargyan, memamerkan segala produk kuliner. Sebagai produk unggulannya kripik bonggol dan stik cantel, sedangkan produk kerajinan membawa produk unggulan blangkon dan Wayang Sada.

Kedepanya diharapkan salah satu icon kerajinan Bejiharjo yakni Wayang Sada agar jangan sampai punah. Salah satu aset budaya dan seni satu-satunya ini perlu adanya regenerasi sekaligus perbaikan manajemen pemasaran agar berkembang.

Kontributor :  Tri Winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo