Waspadai Peralihan Musim Pancaroba

07 Oktober 2017 10:44:41 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Jum'at (06/10/2017) malam hujan kembali rata mengguyur Desa Bejiharjo. Pada musim peralihan cuaca atau pancaroba ini hampir 2 pekan terakhir hujan mulai turun dengan curah hujan sedang. 

Masa pancaroba berpotensi memunculkan awan-awan konvektif jenis cumulonimbus (CB) disertai dengan intensitas hujan sedang lebat dapat disertai petir dan angin kencang. Untuk itu masyarakat perlu mulai waspada dengan angin kencang dan petir saat pancaroba ini berlangsung.

Ariyanto, A.Md, Kepala Seksi Pemerintahan dalam pertemuan Arisan Pamong Perangkat Desa tanggal 05 Oktober 2017 lalu mengingatkan warga untuk mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi selama musim pancaroba seperti sekarang.

"Memasuki musim pancaroba ini, kami menghimbau kepada pamong desa untuk menyampaikan kepada warga agar lebih waspada dan hati-hati," terang Ariyanto.

Meski curah hujan belum banyak seperti pada musim penghujan namun tetap perlu kewaspadaan. Sejumlah bencana berpotensi muncul selama musim pancaroba diantaranya hujan deras ekstrem, luapan air sungai, angin kencang yang bisa menyebabkan pohon tumbang.

Pada bulan Januari 2017 lalu dilaporkan oleh dukuh Bulu, Karanglor dan Karangmojo ada beberapa pohon tumbang hingga menimpa rumah warga. Untuk mengantisipasi kejadian yang sama, Ariyanto menghimbau untuk memperhatikan pohon-pohon besar disekitar rumah yang sekiranya berpotensi tumbang untuk segera ditindaklanjuti.

Apabila terjadi bencana alam seperti pohon tumbang hingga meninpa rumah, warga dapat melaporkan kejadian tersebut ke Pemerintah Desa melalui Dukuh setempat untuk dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo