Jelang JIH 2017, 200 Anak SD di Bejiharjo Belajar Sanding Dalang

11 Oktober 2017 07:55:55 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Sejumlah 200 siswa-siswi Sekolah Dasar di wilayah Desa Bejiharjo memenuhi Balai Desa Bejiharjo pada 8 dan 10 November 2017. Mereka adalah siswa-siswi kelas 4 dan 5 dari SDN Grogol I, SDN Grogol IV, SDN Banyubening I, SDN Banyubeninng III, SDN Gelaran I, SDN Gelaran II, SDN Gelaran III, SDN Karanganom serta beberapa murid didikan Slamet Haryadi dari Sanggar Pengalasan Wiladeg.

Sejak Minggu (08/10/2017) pagi, siswa-siswi ini belajar bernyanyi dan menari bersama instruktur yang digaet oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka belajar menyanyikan lagu Wayangku, Indonesia Raya vers utuh, dan lagu Jogja Gemilang beserta gerakannnya.

Guntur Widiatmoko Harijono, salah seorang pendamping dari Dinas Kebudayaan DIY mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan persiapan dalam rangka Jogja International Heritage 2017 yang akan dilaksanakan pada 5 November 2017 mendatang. “Pada tahun ini temanya adalah wayang,” ungkap Guntur.

Salah satu rangkaian kegiatan tersebut, jelas Guntur, adalah Sanding Dalang 1000 Bocah untuk meningkatkan minat anak-anak pada wayang. Dipilihnya perwailan siswa-siswi dari kompleks wilayah Desa Bejiharjo sendiri, Guntur menjelaskan dari Dinas Kebudyaan DIY menyerahkan kepercayaan melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul untuk menentukan perwakilan dari Kabupaten Gunungkidul.

Target dalam kegiatan tersebut, dari 4 Kabupaten 1 Kota ada 1000 anak yang akan “mendalang” bersama. Mereka (Kabupaten/Kota yang lain) juga diajarkan nyanyian dan gerakan yang sama dengan yang ada di Bejiharjo. Puncaknya, mereka akan berkolaborasi bersama di sepanjang Jalan Mangkubumi dari Tugu Yogyakarta hingga depan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta.

Menunggu hingga pelaksanaan tiba, anak-anak juga diberikan fasilitas melalui pendamping masing-masing sekolah untuk membuat wayang andalannya yang akan dibawa pada 5 November esok ke Jogja.

“Mereka besok tanggal 5 akan membawa wayang andalan mereka, mereka bikin sendiri, mereka warnai sendiri kemudian besok tanggal 5 akan bawa dan dimainkan bersama temannya dari kabupaten dan kota yang lain,” imbuh Guntur.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo