Langen Budoyo Hidupkan Kembali Warisan Budaya Karawitan

11 Oktober 2017 10:40:38 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Desa Bejiharjo memiliki banyak Potensi Budaya Kesenian, makanan tradisional, dolanan anak, situs budaya, upacara ritual yang masih dilestarikan. Begitupun kesenian yang dimiliki Desa Bejiharjo sangat beraneka ragam. Salah satunya Kelompok Karawitan Langen Budoyo adalah salah satu kelompok kesenian yang dimiliki Desa Bejiharjo yang sudah ada sejak puluhan tahun dan pernah berprestasi menjuarai lomba. Kelompok ini terdiri dari para pelaku seni dari pedukuhan-pedukuhan di Desa Bejiharjo.

Kesibukan para anggotanya membuat kelompok kesenian karawitan Langen Budoyo sempat vacum karena jarang berlatih/spel apalagi mengikuti kompetisi lomba kerawitan di luar. Dengan adanya bantuan gamelan dari Dinas Kebudayaan DIYogyakarta beberapa waktu yang lalu, Kepala Desa Bejiharjo menghimbau untuk melaksanakan spel rutin setiap malam Selasa Wage dalam rangka mengingat Hari Jadi Bejiharjo dan Ia (Kades) juga mengungkapkan bahwa kebudayaan adalah kekayaan warisan leluhur yang tidak ternilai harganya.

Dengan adanya gamelan yang baru,k menumbuhkan keinginan pelaku seni yang sudah senior untuk menghidupkan kembali kesenian karawitan. Hal ini untu mencetak generasi muda yang juga sangat tertarik untuk mengenal dan memainkan gamelan dengan professional. Spel yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ini diikuti anggota kelompok inti Langen Budoyo dan juga Perangkat Desa yang tertarik dengan seni karawitan.

Pada kegiatan rutin spel ini nantinya tidak hanya kelompok Langen Budoyo yang melaksanakan spel tetapi juga kelompok-kelompok dari pedukuhan yang mempunyai kelompok karawitan bisa mengikuti latihan spel di Balai Desa secara bergantian.

Kegiatan spel ini pun mengundang minat masyarakat sekitar untuk datang sekedar melihat dan mendengarkan gending-gending yang dilantunkan yang membuktikan jika seni karawitan ini masih banyak diminati oleh warga sekitar yang berusia lanjut.

Kontributor : Tri Winarsih

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo