Cegah DB dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk

24 Oktober 2017 00:17:23 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Terlepas dari musim pancaroba masyarakat tetap perlu waspada dan antisipasi pada serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Penularan DBD disebabkan oleh banyaknya tempat perindukan nyamuk yang biasanya terjadi pada musim penghujan.

Masyarakat perlu melakukan upaya pencegahan dengan menjaga kebersihan di lingkungan melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).  

Dalam PSN ada tiga upaya pemberantasan sarang nyamuk DBD yaitu dengan gerakan 3M. Pertama adalah kegiatan menguras atau membersihkan air di bak atau vas bunga.

Kedua, menutup wadah yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk. Ketiga, mengubur atau memusnahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Di Desa Bejiharjo, kegiatan PSN mulai kembali digiatkan setiap hari Jum’at. PSN dilaksanakan di sekolah, instansi dan tempat umum lainnya yang berpotensi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegyti.

Untuk memantau jalannya kegiatan tersebut, Jum’at (20/10/2017) lalu, Camat Karangmojo Drs. Wastana dan jajaran bersama Kepala UPT Puskesmas Karangmojo  II, Babinsa, Babinkamtibmas, serta perangkat Desa Bejiharjo mengadakan sidak di SMPN 2 Karangmojo.

Kegiatan ini untuk mengetahui kebersihan di lingkungan sekolah SMPN 2 Karangmojo. Dari hasil sidak, pelaksanaan PSN sudah berjalan dengan baik.

Melalui kegiatan PSN ini masyarakat dihimbau selalu memperhatikan kebersihan lingkungan karena sampai saat ini cara yang paling efektif dan efisien untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo