Mahasiswa Bumi Raflesia Study ke Bejiharjo

23 November 2017 22:50:00 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Desa Bejiharjo kini mulai menjadi pusat kunjungan belajar dari berbagai daerah di Indonesia. Bukan hanya dari instansi pemerintahan tetapi juga dari berbagai perguruan tinggi seperti yang dilaksanakan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Ratu Samban Bengkulu Utara pada Rabu (22/11/2017) pagi di Pendopo Kantor BUMDes Maju Mandiri.

Sebagai Desa Rujukan, Dekan Fakultas Fispol, Yuni Indah, M.Si memfokuskan pembelajaran pada 2 bidang, yakni administrasi keuangan desa dan managemen pengelolaan BUMDes untuk pengembangan di daerah Bengkulu Utara.

Bersama 20 mahasiswa Fispol, Ia inging menggali lebih jauh bagaimana pengelolaan Dana Desa yang akuntabel di Desa Bejiharjo.

Menanggapi maksud dan tujuan peserta study banding tersebut, Kepala Desa Bejiharjo menyampaikan penggunaan dan pengelolaan pendapatan Dana Desa dari APBN tahun 2017 sebesar Rp.1.160.200.000. Sebesar 39 persen dana tersebut digunakan dalam bidang pembangunan desa dan 61 persen untuk pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam pengelolaan managemen BUMDes, Sariyanta menuturkan visi BUMDes untuk pemberdayaan masyarakat. Salah satu pengelolaan managemen yang terbesar adalah sektor pariwisata, yakni Goa Pindul.

Dijelaskan Sariyanta bahwa Goa Pindul adalah aset pemerintah daerah yang diberikan kepada Dinas Pariwisata untuk dikelola. Setelah berdirinya BUMDes, BUMDes dan Dispar menandatangani nota kesepakatan (MoU) pengelolaan Obyek Wisata Goa Pindul.

Sebagai legalitas hukum, BUMDes Maju Mandiri tellah mengantongi berbagai perijinan seperti AMDAL, UKL-UPL, TDUP Pariwisata Daya Tarik Wisata Tirta. Untuk melayani wisatawan pihaknya telah bekerjasama dengan 11 operator wisata/pokdarwis. Selain itu, BUMDes juga menyusun SOP (Standar Operasional Prosedur) pada masing-masing unit usaha.

Dari sekian materi yang diterima, Dani Iskandar mahasiswa prodi Ilmu Administrasi Negara Univ. Ratu Samban turut mengetahui cara BUMDes menarik invertor untuk bekerjasama melalui penyertaan modal sebesar 500 juta selama 4 tahun.

Kontributor : Sugeng Riyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo