Dampak Siklon Tropis Cempaka di Bejiharjo

30 November 2017 00:06:48 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Adanya Siklon Tropis Cempaka di wilayah perairan selatan Jawa Tengah mengakibatkan perubahan cuaca ekstrim termasuk di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul yang mengalami imbasnya.

Selasa (28/11/2017), hujan turun merata diseluruh wilayah Bejiharjo sejak pagi. Debit air yang besar mengakibatkan sungai-sungai kecil meluap tidak mampu menampung volume air hujan.

Pantauan tim SID bersama Bhabinkamtibmas, Bripka Kuswandi di Sumber Beji dan Jebul pukul 10.22, kondisi Sumber Beji dan Jebul tertutup oleh luapan air sungai yang menuju arah sumber.

Hal sama juga terjadi di Obyek Wisata Goa Pindul, air kiriman dari berbagai wilayah yang masuk melalui aliran Goa Pindul membuat air hampir rata dengan bengungan dam.

Sungai Oya yang merupakan salah satu jalur pembuangan air dari Semin, Ngawen, dan Ponjong pun tak mampu menampung debit air hujan. Air naik hingga ke sawah warga yang berada dipinggir sungai hingga menggerus tanah persawahan dan menyisakan bebatuan.

Akibatnya, satu jembatan penghubung di Dusun Gelaran 1 zona selatan dan utara terputus. Putusnya jalur Bonjing ini membuat warga di Dusun Gelaran 1 zona utara menjadi terisolir.

Di wilayah Kemiri Dusun Bulu, 8 dari 12 rumah milik warga RT 008 diterjang besarnya luapan air kali Oya. Kemiri berada di daerah cekungan Kali Oya, karena tepat berada di sebelah barat tikungan sungai sedangkan air yang mengalir begitu cepat tidak mampu berkelok sehingga masuk pemukiman warga. Akibat hal tersebut air masuk kedalam rumah hingga batas dada orang dewasa.

Pemerintah Desa Bejiharjo, Rabu (29/11/2017) telah menyalurkan bantuan logistik setelah jalur oya telah aman untuk dilalui. Menggunakan tali tambang, warga bahu membahu membantu mengantarkan logistik menuju seberang kali.

Kontributor : Sugeng Riyanto  

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo