Kampung KB Bulu Bentuk PIK Remaja

14 Januari 2018 13:17:12 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Kegiatan kemasyarakatan di lingkup desa meliputi berbagai aspek, di lingkup pedukuhan pun juga terdapat kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh organisasi kemasyarakatan pedukuhan seperti halnya di Pedukuhan Bulu Desa Bejiharjo. Akhir tahun 2017 lalu, Pedukuhan Bulu dibentuk menjadi Kapung Keluarga Berencana (KKB) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Kaputanen Gunungkidul.

Selang beberapa minggu, di KKB Bulu dirintis pembentukan PIK-R atau Pusat Informasi Konseling Remaja pada Sabtu (13/01/2018). Dalam Pedoman Pengelolaan PIK Remaja/Mahasiswa, Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) adalah suatu wadah kegiatan program GenRe dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja/mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa serta kegiatankegiatan penunjang lainnya.

Pengelola PIK Remaja mulai dari usia 10 hingga 24 tahun, belum menikah dan punya komitmen dalam mengelola dan melaksanakan PIK Remaja/Mahasiswa serta telah mengikuti pelatihan/orientasi. Pembentukan PIK R/M di lingkungan komunitas remaja dan mahasiswa untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang 8 Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan, TRIAD KRR, Life Skills, Gender, Advokasi dan KIE.

Tujuan dibentuknya PIK Remaja ini untuk meberikan informasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), pelayanan Konseling dan Rujukan KRR, menciptakan remaja yang berprilaku sehat dan terhindar dari resiko seks bebas, HIV/AIDS, NAPZA, serta mencapai generasi yang berkualitas. Terbentuknya PIK-R ini diharapkan pula kedepannya bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Komentar atas Kampung KB Bulu Bentuk PIK Remaja

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo