Warga Sokoliman Berlatih Menanam Tanaman Surga

07 Mei 2018 13:55:08 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Masyarakat di wilayah Padukuhan Sokoliman 1 dan 2 masih memiliki lahan pekarangan yang cukup luas, sehingga pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan dapat dioptimalkan dengan penanaman tanaman sayur keluarga.

Beberapa warga telah menanam surga (sayur keluarga) dan juga Toga (tanaman obat keluarga), namun demikian jumlah syurga dan toga yang ditanam jumlahnya terbatas.

Sebagian dari mereka telah mengetahui manfaat menanam surga dan toga, tetapi mereka belum memahami sepenuhnya bagaimana cara memanfaatkan pekarangan, oleh karena itu Perpustakaan Desa Khasanah Info mengadakan sosisalisai tentang manfaat tanaman sayur keluarga.

Aksi sosialisasi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman sayur keluarga dilaksanaan di Perpustakaan Khasanah Info pada Sabtu (05/05/2018) dan pembagian polybag serta bibit tanaman pada minggu (06/05/2018) sebanyak 1200 tanaman yang terdiri dari cabe rawit, cabe besar dan terong ungu.

Pembagian bibit ini dimaksudkan untuk membangkitkan kemauan warga dalam memanfaatkan pekarangan salah satunya dengan membudidayakan tanaman sayur keluaga. 

Sararan dari kegiatan sosialisasi ini adalah ibu-ibu PKK Padukuhan dari 2 padukuhan yang terletak berdampingan yaitu Sokoliman 1 dan Sokoliman 2.

Kegiatan ini didukung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Sosialisasi ini berisi mengenai pengetahuan tentang pemanfaatan pekarangan, cara menanam surga, dan pengolahan surga yang baik dan benar.

Harapanya surga dapat dikembangkan warga menjadi tanaman surga secara individual dan dapat memanfaatkannya sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam keluarga. Selain itu surga dapat dijadikan sebagai usaha kecil dan menengah di bidang pangan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo