Sholikin Suskes Kembangkan Usaha dari Kain Perca

20 Agustus 2018 10:10:25 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Sukses dapat diraih siapapun dengan latar belakang apapun, itulah yang menjadi motivasi seorang pengusaha kerajinan dari kain perca di padukuhan Grogol 2, Desa Bejiharjo. Berawal dari keprihatinan melihat limbah kain yang hanya terbuang sia-sia dan menjadi sampah, Sholikin berhasip menyulap kain perca ini menjadi sebuah produk layak jual.

Bapak dua anak ini mengolah kain perca menjadi beberapa produk souvenir. Salah satu keunggulan kain perca selain bahan baku yang murah adalah kemudahannya untuk diolah menjadi berbagai macam bentuk kerajinan, diantaranya gantungan kunci, tas, dompet, tempat tisu.

Selain memaasarkan di wilayah lokal, produk souvenirnya telah menguasai daerah Lombok, Bali, Surabaya, dan Malang.

“Bagi para pekerja konveksi, kain perca sering kali dianggap sebagai limbah yang tidak punya nilai ekonomi. Padahal, kain perca ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan jika diolah dan dipasarkan secara tepat,“ ungkapnya.

Dalam mengembangkan usahanya, Ia juga selalu berusaha memperhatikan lingkungan, dengan memakai bahan baku potongan kain limbah pabrik tekstil yang mereka beli dari wilayah Gunungkidul dan Sleman. Tak hanya itu, Ia juga tergerak untuk memberdayakan wanita disekitar rumahnya.

“Kami ingin wanita tidak hanya berdiam diri, menunggu dinafkahi oleh suami, melainkan bisa berwirausaha,” lanjutnya.

Usaha yang dirintis sejak Oktober 2014 ini pada awalnya hanya memberdayakan 5 orang pekerja. Namun dengan berkembangnya pemasaran dan bertambahnya permintaan dari konsumen sekarang karyawan yang bekerja mencapai 20 orang yang berasal dari lingkungan sekitar.

Dalam hal ilmu, Sholikin tidak sungkan-sungkan berbagi ilmu dan masih terus menggali kreativitasnya. Siapapun yang datang untuk menimba ilmu selalu ditanggapi dengan senang hati dan beliaupun tak segan menerima kritik dan saran dari berbagai pihak.

Padukuhan Grogol 2 merupakan Padukuhan yang terletak di bagian barat barat Desa Bejiharjo, selain usaha kain perca di padukuhan ini juga ada usaha kuliner yang menyerap banyak tenaga kerja.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LP2A BEJIHARJO

Kunjungi Website

Pulsa dan PPOB Bejiharjo

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo